Jumat, 30 Oktober 2009

SOTO KUIN NINI ENOR

Kalau ada yang tanya Soto Kuin yang asli jawabannya, Soto Kuin Nini Enor! Soalnya semua franchise Soto Kuin, Soto Queen, Soto Queentana, bubunya biasanya diambil dari racikan tangan Nini Enor. Sahibul Kisah resep istimewa ini diturunkan dari nenek dan kakek Nini Enor sejak jaman soto dijual menggunakan jukung sudur.
Warung nini Enor terletak di Jalan Pangeran Rt.8 . Tidak usah membayangkan restauran yang lumayan representatif seperti warung soto Bawah Jembatan. Tempatnya tidak begitu besar, hanya 4 X 4 meter persegi, kadang pengunjung berjubel hingga beranda rumah Nini Enor. Buka mulai selepas Ashar hingga pukul 10 malam, kadang sebelum pukul 10 sudah tutup karena soto sudah terjual habis, Nini Enor tidak pernah menambah stok, apalagi menambahkan air ke kuah soto, pantang bagi beliau akan memngurangi rasa khas soto kuin yang kuahnya terbuat dari kaldu ayam kampung asli.
Rasa soto Nini Enor memang terkenal gurih, paduan kaldu ayam kampung bumbu2 campuran bawang merah dan putih, jahe, merica dan beberapa bumbu rahasia lainnya plus kocokan telur bebek tambak .
Aku sudah mengenal soto kuin Nini Enor sejak aku kecil. Kebetulan Nenekku tinggal di Kuin. Dulu kalau beli, cuma beli kuah dan pelengkapnya saja seperti racikan ayam dan telur minus ketupat, Rp 1000 atau Rp.1500 sudah dapat serantang, dimakan dirumah bersama-sama dengan nasi.
Pembeli Nini Enor dulu juga hanya sebatas orang-orang kampung saja, Bapak-Bapak sepulang sholat Maghrib di Langgar nongkrong sebentar di warung soto sambil ngobrol.Tak heran Nini Enor kenal semua nama pembelinya. Tapi sekarang, Wow! Bukan hanya anak singkong yang menenteng rantang atau angkk plastik butut, tapi nyonya-nyonya berwajah kinclong bergelang berlian dan om-om berblackberry juga rela antri di warung Nini Enor, belum lagi mobil silih berganti, jangankan Honda Jazz, Mercy dan BMW pun mampir! Wajah-wajah selebritis Banjar hingga pejabat teras mudah dijumpai disitu, Kadang mereka datang dengan teman-teman atau rekan bisnis, hingga satu keluarga full.
Orang-orang kampung seakan tersisihkan, kadang mereka datang hanya berbekal rantang, beli kuahnya Rp.5000 lantas pulang karena merasa tidak pantas duduk disebelah pengunjung yang lain yang kadang maaf memborong sepotong ayam penuh hingga ketulang-tulangnya, ditambah telor bebek rebus.
Walau begitu aku masih tetap setia ke warung soto Nini Enor, kadang cuma pake celana dan kaos butut, berjilbab seadanya pakai sendal jepit pula, kadang sekeluarga, soalnya rumahku hanya berjarak beberapa meter dari warung Nini Enor.
Mungkin Soto Nini Enor sudh jadi favorit kami sekeluarga turun temurun, dari kai nini, abah dan mamaku, adik dan suami bahkan saat anak-anakku masih dalam kandungan sudah pengen icip-icip soto Nini Enor abis emaknya ngidam itu siiih...he...he..Susah dijelaskan bagaimana rupa dan rasanya kalau tidak dicicipi sendiri, yang namanya soto di Banjar itu pake potongan ketupat tawar, soun, potong telur bebek tambak , dan potongan ayam kampung, taburan bawang goreng dan daun seledri ditambah empal singkong, diguyur kuah butek kekuningan. Saat akan menikmatinya jangan lupa tambahkan kecap asin, sambal, dan perahan limau kuit, apalah soto tanpa samsindas, asam, asin, pedas!
Warung Nini Enor juga menyediakan nasi sop, mie goreng dan mie kuah. Kalau jalan-jalan ke Banjar jangan lupa menikmati Soto Kuin Cap Nini Enor ditanggung pasti ketagihan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih buat teman-teman yang sudah berkomentar