Senin, 03 April 2017

POSTINGAN YANG SEBAIKNYA DIHINDARI DI DUNIA MAYA

Dunia maya dunia bohong...ehm tidak juga sih, cuma aku membatasi postingan hal-hal yang sifatnya pribadi di dunia maya, dan menjaga untuk tidak memposting atau mengshare yang sifatnya kebencian dan sesuatu yang kita sesali dikemudian hari, namanya dunia maya siapapun bisa membaca, berkomentar dan menilai walaupun mereka tidak kenal kita atau menjalani kehidupan yang kita alami. Jadi apa-apa saja yang aku hindari postingan di dunia maya.

1. Kehidupan keluarga
Tidak didunia maya saja sih di dunia nyata juga,agak risih juga melihat suami istri berantem di fb, atau curhat tentang mertua! membacanya saja sudah risih, kadang ada orang yang bukannya simpati kita curhat masalah keluarga didunia maya eh malah ngetawain atau nyukurin, lagian juga kan malu berantem hebat di fb besoknya udah mesra lagi...hehe...makanya kalau harus share aku mau share yang happy-happy aja, tapiiii paling susah ngerem postingan tentang anakku, yaa...semenjak banyak kejadian buruk diluar sana dan anak-anakku sudah besar mereka agak keberatan mereka diekspose diakun mamanya di dunia maya, aku harus minta izin dulu sama mereka.

2. Pekerjaan
Masalah pekerjaan ini hati-hati banget ya, kita tidak mau dipecat atau bermasalah dengan pekerjaan gegara status atau keluh kesah kita tetang pekerjaan kita didunia maya, banyak pimpinan mencek status kita disocmed dan menilai kinerja bawahannya dari socmed, apalagi sampai bikin share gambar ngopi-ngopi cantik di mal disaat jam kerja, atau mengkritik rekan kerja saling berbalas nyinyir disocmed membuat lingkungan kerja jadi tidak nyaman, kalaupun ada masalah sebaiknya diselesaikan di dunia nyata saja, kalo sindir menyindir bisa disalah artikan.

3. Hal Pribadi
Seperti tiket pesawat, KTP, rumah lengkap dgn no rumah RT dan kompkeknya terpampang nyata, nomor-nomor penting apalagi sampai buku tabungan, gelang emas permata dan bergepok-gepok uang walaupun gambarnya pinjam di google, berbahaya diupload di dunia maya, walaupun cuman ngayal orang kira beneran trus kita jadi sasaran kejahatan.Apalagi cara-car penipuan melalui dunia maya kian canggih saja.

4. Teman
Berghibah manja kadang tak terasa di dunia nyata apalagi di dunia maya, apalagi chatting-chatting di WA yang kadang tak mengenal waktu. Banyak yang harus dijaga perasaan pasangan kita, pasangan teman-teman kita. Bagiku sih tak masalah gaul di dunia maya sepanjang hal-hal bersifat positif tapi kalau sudah bully membully ghibah yang tak sehat apalagi sampai terlibat cinta terlarang. Semoga dengan adanya social media semakin mengeratkan silaturahmi bukan merenggangkan.

Akupun kadang masih alay dan lebay disocmed dan mungkin banyak postingan, status dan komentarku di dunia maya telah membuat orang-orang disekelilingku merasa tak nyaman atau bahkan tersakiti, aku mohon maaf sambil introspeksi diri. Teman-teman kalau ada interaksiku disocmed tidak benar tegur aku yaaa....Wassalam.

2 komentar:

  1. Yang nomer 2 itu saya banget.
    Ada suatu masa di mana saya tidak boleh sama sekali posting tentang pekerjaan atau produk kami secara sembarangan.

    Salam saya Mak

    BalasHapus
  2. postingan ttg keluarga terutama anak itu susah bgt direm (dulu). setiap perkembangannya kayaknya mau dipublish. untung sekarang udah jauh bkurang, lbh banyak dinikmati sendiri dan kluarga :)

    BalasHapus

Terima kasih buat teman-teman yang sudah berkomentar