Minggu, 14 Agustus 2011

Pesantren Ramadhan


Ramadhan tahun ini Play group Icha libur seminggu, baru senin kemarin turun lagi "Pesantren Ramadhan. Kebetulan TPA kaka yang biasanya sore hari, di bulan Ramadhan turun pagi, sekalian saja aku ojekin dua anakku ke sekolah mereka, jarang-jarang loh ini terjadi maklum kalau bukan bulan Ramadhan aku kan kerja, Alhamdulilah selama Ramadhan ini porsi waktu libur lebih banyak di banding turun ke sekolah.

Icha senang banget bisa turun ke sekolah lagi. Apalagi disekolah disediakan tenda-tenda buat bermain. Tidak seperti hari biasa, bulan Ramadhan ini tidak memakai baju seragam tapi baju muslim. Turunnya dari senin sampai kamis saja. Selain diajarin tata cara dan bacaan sholat, juga diajarin ketrampilan dan kerajinan tangan seperti menggunting, menempel, merangkai,memasangkan, juga melukis dengan tangan.Senengnya dengan pesantren ini Icha sudah hafal Al Fatihah, sebenarnya sebelum play group udah bisa cuma beberapa bagian lafalnya salah, sekarang sudah bagus dari ayat pertama sampai terakhir, Surah al ikhlas juga, Al Falaq dan An Nas saja, perlu bimbingan maklum baru diajarin. Sebenarnya Icha sudah bisa sih masuk TPA tapi aku takutnya dia kecapean nanti saja pas TK kecil. TPA kan masuknya setengah tiga, jam segitu Icha biasanya tidur siang.

Sebenarnya Icha ngga sepenuhnya di tungguin, pertengahan pelajaran aku biasanya pamit ke pasar sekalian jemput kakanya di TPA, baru balik jemput Icha lagi. Bagusnya TPA turun si kaka ada kegiatan pagi jadi bisa sedikit lupa kalau dia puasa, disana kan dia ketemu teman-temannya selain belajar baca tulis Al-Qur'an, apalagi dia bilang semua teman-temannya puasa jadinya dia makin termotivasi untuk terus puasa. Beberapa hari si kaka ikutan jemput adiknya di sekolah, tapi lama-lama dia bete liat kelakuan anak-anak yang usianya jauh di bawah dia, lagipula di sekolah Icha setiap jam 10 ada acara buka puasa bersama, jadi sekolah menyediakan makanan dan minuman, anak-anak yang belajar puasa buka bersama, ah semakin membuat kaka bete, dia kan puasa sedang anak-anak balita itu asyik makan dan minum, sejak saat itu dia maunya diantar pulang saja, setelah itu si mama jemput adiknya. Si mama ini liburan ngga liburan kerjanya memang kayak strikaan. Tapi ada senengnya juga sih, ada alasan ngga di rumah saja :)

7 komentar:

  1. Hebat buat icha, udah mulai kenali alfatihah, al Ihlas. Al Falaq juga An Nas ck.ck.ck. kalo bisa sampaikan jga padanya makna itu sesuai bahasa fikir dia, agar dia makin takjub akan surah alfatihah tsb.

    Buat Mama Icha, ck ck ck...paling pinter cari alasan jadi bisa keluar rumah hi hi hi.

    BalasHapus
  2. Agak berat ya kalau harus masuk di saat jam istirahat.
    Hahaha... ya anak2 kan buka puasanya jam 10 pagi ya, bete dong kakaknya ...

    BalasHapus
  3. weh.. senengnya bisa bareng si buah hati terus......

    BalasHapus
  4. hebat juga anak.y sudah bisa dilatih puasa mungkin saat ini buka puasa jam 10 tahun depan sudah bisa puasa penuh.
    Amiend.

    BalasHapus
  5. Wah..seru juga ya Icha ikut pesantren Ramadhan. Salam buat Icha dari Dita ya mam :-)

    BalasHapus
  6. ada alasan ngga di rumah saja :)

    ...

    haiyaaaa ...
    ouw ouw ouw ... begitu ya ...
    (geleng kepala)

    Salam saya

    BalasHapus

Terima kasih buat teman-teman yang sudah berkomentar