Senin, 08 Agustus 2011

Ketika Kaka Puasa

Tahun ini kaka belajar puasa full sehari penuh. Walaupun sebenarnya kaka sudah belajar puasa sejak TK, tapi masih buka jam 10 pagi, paling lama jam 2 siang. Nah, berhubung sudah kelas III SD, kayaknya sudah saatnya kaka puasa full seharian. Hari pertama, berhasil sampai Maghrib betapa senangnya hatiku bukan kepalang, hari kedua, ketiga, hingga hari ini hari ke sembilan puasa kaka ngga batal dan full!

Namun mengajari anak puasa memang perlu effort dan kesabaran yang lebih. Sahur si kaka masih agak susah buka matanya walaupun acara TV banyak yang lucu-lucu tapi tidur acara paling menarik kayaknya. makanya aku banguninnya tidak hanya sekali tapi berkali-kali, kadang sudah bangun cuci muka mamanya ke dapur bawain makanan, kakanya tidur lagi....he...he...daripada tidak sahur aku suapin, lucunya sambil ngunyah matanya merem. Pernah juga habis disuapin, si kaka mingkem makanannya ngga dikunyah orangnya tidur...he..he...si kaka itu minumnya dikit, makanya habis makan ditungguin minum, habis aku sahur baru dikasih minum susu, dekat imsak dikasih air putih sama vitamin dan itu tiga kali bolak-balik bangun tidur! Tapi namanya juga usaha..

Si kaka kan anaknya aktif dan jarang tidur siang. Dia agak bete juga sih tidak bisa melakukan aktifitas fisik yang disukainya seperti main bola atau bulu tangkis, soalnya aku takut dia kecapean, acaranya diganti main catur, monopoli, dll atau nonton DVD kartun. Sekarang si kaka mulai turun TPAnya (Taman Pendidikan Al Qur'an) jadi dia punya kegiatan yang bagus disana dia juga bertemu teman-temannya. Yang paling berat dari puasa bagi kaka, kalau sudah melihat Icha makan dan minum, maklum adiknya itu belum puasa, dan tidak berhenti-henti ngemil dan minum walaupun sudah dibilangin tapi namanya juga anak kecil, daripada tergoda kadang si kaka kusuruh ke rumah neneknya karena di rumah nenek semua puasa. Sore hari saat yang paling berat bagi si kaka, bawaannya bete dan cepat marah, maklum badannya sudah capek dan perutnya mulai lapar, ditambah lagi cuaca yang luar biasa panas, orang tua saja kadang hilang sabar apalagi anak-anak. Biar dia senang, Bapaknya ngajak dia jalan-jalan, ntah berburu takjil atau sekedar cuci mata saja. Namanya juga anak-anak saat puasa lapar mata dan keinginannya banyak, mau makan ini dan itu, tak semua sih dituruti ,yang pasti pengennya setiap hari es kelapa muda! Tetap semangat ya Ka...terus puasa full hingga hari kemenangan.

5 komentar:

  1. ayo kak semangat terus belajar puasanya

    BalasHapus
  2. Semoga kakak bisa puasa full hingga hari kemenangan ya... Semangat !

    BalasHapus
  3. Wah hebat ya sudah kuat berpuasa..
    Aku kemarin pelan2 ngajarin Vaya, trus dia bilang, kan Vaya masih kecil.. hahahaa...

    BalasHapus
  4. hihii hebat loh kuat seharian puasa... adek saya aja masih belajar biar kuat seharian puasa...

    BalasHapus
  5. Wah... waktu umur segitu keknya saya masih puasa setengah, hehe... *jadi malu :D
    Semoga kaka terus semangat ya...
    Ayo, ntar dapat hadiah apa dari bundanya?? :D

    BalasHapus

Terima kasih buat teman-teman yang sudah berkomentar