Kamis, 13 Januari 2011

Balada Angkot part 1

Angkot adalah sahabat setiaku bekerja.10 tahun bekerja, sepuluh tahun juga aku berakrab ria dengan angkot. Hiruk pikuk terminal dengan segala macam tingkah polah manusia jadi sarapan pagiku.Begitu banyak kisah suka duka yang kujalani bersamanya.Angkot disini tak hanya angkutan dalam kota tetapi juga luar kota aku menggunakan kedua jasa transportasi ini, tapi setelah punya motor aku tidakmenggunakan angkot dalam kota lagi. Dari rumah aku naik motor, motor kuparkir diterminal setelah itu lanjut taksi luar kota yang bentuknya seperti minibus atau colt mitsubishi L300. Dulu awal-awal kerja aku selalu naik angkot dari terminal, tentu saja aku terlambat terus, karena sopir taksi ngga mau berangkat kalo angkotnya ngga penuh. Bayangin aja aku naik jam 7 mobilnya baru jalan jam 9, bayangin tuh wajah kepala sekolahku melihat anak buahnya yang satu ini? Namun seiring berjalannya waktu jam terbangkupun tinggi, dari mendengar obrolan para makelar terminal aku baru tahu kalo jalan sedikit ke luar terminal banyak taksi liwat yang langsung jalan dan tak menunggu penumpang penuh, "taksi liar berplat kuning"...he...he...tapi sungguh aku sangat terbantu dengan mereka. Dan Tak hanya aku pelanggannya...puluhan PJP (pegawai jarak jauh) jadi pelanggan tetapnya. Silakan mau jalan jam 7, 8, 9....selalu ada armadanya. Saking kompaknya para PJPs ini kita udah kayak ngabsen aja tiap hari, kalo ada yang belum datang ditungguin.Setelah teknologi mulai canggih kita semua punya no hp para sopir, bahkan kalo ada anggota yang ketinggalan...ditelpon sopirnya, kalo ngga jauh-jauh banget sopirnya balik lagi jemput yang tertinggal.Bahkan Bapak-Bapak PJPs itu nganggap sopir-sopir itu kayak temannya aja, kadang kalo laper stop dulu di warung makan...sopirnya ditraktir makan, atau kalo Jum'atan pas di mesjid stop dulu. Waduh, kalo para PJPs ini ngumpul di satu taksi rameeeeenya luar biasa...he..he...apalagi banyakan ibu-ibunya...wuaduh gosip dari harga cabe meroket, tingkah polah anak-anak, pekerjaan rumah, pekerjaan kantor, dll jadi diskusi seru para ibu-ibu pekerja ini.Walau profesinya beda-beda ada yang guru, pegawai kabupaten, pegawai bank,pegawai swasta, perawat, bidan, dokter, tapi kita punya kesamaan nasib "jadi manusia tua-tua dijalan" beserta probelamatika ibu-ibu pekerja yang harus menyeimbangkan tugas negara dan tugas dalam keluarga yang tidak bisa dikatakan ringan...he..he..Kata sopirnya kalo ibu-ibu ini yang numpang jarak setengah jam berasa 10 menit...ngga kerasa! Abis sepanjang jalan obrolan ngga ada habis-habisnya, kadang gara-gara keasyikan ngobrol udah sampe kelewatan!

Karena biasa setiap hari numpang angkot, kita-kita hafal betul tipe-tipe sopir yang kita tumpangi. Ada yang slow banget...maklum angkotnya sudah tua yang nyopir apalagi. kalo yang ngga keburu atau mau masih melanjutkan tidur silakan naik yang ini. Ada juga yang bisa diatur, disuruh slow ok, disuruh cepet ok juga. Ada lagi yang fast n' furious....yg ini sih kalo kepepet aja, walaupun sepanjang jalan bawaaannya jantungan dan zikiran aja...he..he..tapi berguna juga buat yg keburu telat.

Hidung kami udah kebal Bau-bau beraneka ragam dan bermacam tingkah polah manusia yang naik angkot sudah biasa bagi kami. Bagi kami yang biasa ngangkot sih tak masalah kadang duduknya dekat jendela dibangku tambahan lagi bahkan kadang dikursi depan bertiga plus sopir (harusnya cuma berdua saja) hayo aja, apalagi pas masa-masa peak season mendekati lebaran, rela-rela aja berjejal kayak ikan asin asal keangkut, asal bisa pulang ke rumah. Kalo penumpang tetap kayak kita-kita ini udah mafhum berat yang namanya angkot ya tidak bisa disamakan mobil pribadi...terimalah apa adanya...panas, bobobrok, bau, kalo lagi apes kena kencing anak kecil atau kena muntah yang mabok darat, wajah yang udah makeupan jadi kayak dakochan nyampur keringat, baju n kerudung rapi jadi kusut sesampainya tujuan...sudahlah...the show must go on...hidup terus berjalan...enjoy the ride! Yang suka "aneh" itu kayaknya penumpang musiman atau yang jarang naik angkot. Ada yang anaknya ikut dua, dua-duanya ngga ada yang mau dipangku, bayarnya cuma satu sama Bapaknya, penumpang yang lain ditaruh dimana? Ada lagi ABG labil atau tuan putri yang sepanjang jalan ngeluh aja...bangkunya kok gini, panaaaaaas.....bauuu....duh, maklum mobil pacarnya mogok ditengah jalan kepaksa naik angkot, atau Bapak-Bapak yang ngebul seperti kereta api, ngga ngerti bayi dan nenek-nenek disebelahnya bengek mendadak.Yang paling lucu kalo ada pengantin baru yang ikutan numpang, kalo duduknya dibelakang sih ngga ada yang lihat, lah ini duduknya didepan. Maklumlah penganten baru kadang ngga sabar nunggu sampe rumah...penonton dibelakang senyum-senyum aja liat adegan percintaan live, yang lebih payah lagi kalo istri atau pacar sopir yang duduk didepan, sopirnya suka ngga konsen, gimana ngga konsen coba, istri ama pacarnya itu bergelayut manja di bahu si sopir pake bisik-bisikan, penumpang aja deg-degan, berdoa banyak-banyak semoga selamat sampai tujuan...atau mikir ini mobil kok ngga sampai-sampai...ya jelas, wong ada penumpang spesial...masak sih mau cepat-cepat sampai! Sopirnya santai aja bilang...kalo ada si dia...sampe Jakarta juga hayo...dueeeeng!
To be continued.Tungguin part 2nya ya...(dengan catatan kalo ngga lupa...he..he..)

11 komentar:

  1. suka duka naik angkot yah.. ^^

    BalasHapus
  2. Selalu banyak cerita memang bila kita naik kendaraan umum, tapi naik jam 7 baru berangkat jam 9.....astaga, sungguh terlalu....!

    BalasHapus
  3. mmm...jd mikir2 kok diangkot bnyak adegan mesum ya? hihihi

    salam sy

    kbr melegakan tlh dirilis http://pedulisausan.blogspot.com/ tetap mhon do'anya

    BalasHapus
  4. Waaa..., seru juga naik angkotnya. AKu naik angkot hanya waktu kuliah di Yogyakarta aja mbak. Tapi kok gak ada cerita2 seru spt di atas ya?

    BalasHapus
  5. angkot seperti halnya panggung drama,ada banyak cerita di sana

    BalasHapus
  6. Mampir ya mba :) seru ceritanya deh jadi pengen baca kelanjutannya..

    BalasHapus
  7. Shasa baru sekali naik angkot, waktu di Bandung...

    BalasHapus
  8. 10 tahunnn juga akrab sama angkot sejak SMP mbak :)

    BalasHapus
  9. Gw juga hobi ngangkot Mba. Tapi pernah beberapa kali mo dicopet. Alhamdulillah gw bisa menyelamatkan diri alias kabur sebelom orang2 jahat itu beraksi

    Oya MBa, ada lomba kecil2an di blog keluargazulfadhli. Gampang ko caranya. Sok mangga kalo mo ikutan. Ditunggu loh partisi-sapinya. Thanks yaaaa :-)

    BalasHapus
  10. Saya pernah punya pengalaman gak enak pas naik angkot, soalnya ada orang gila juga naik hahahaa.... Langsung deh kita semua pada turun.

    BalasHapus
  11. hola mba misfah, makasih sudah berkunjung ke tempatku.
    mba, saran aja nih, gimana kalo paragrap panjang tsb dipecah2 lagi jadi beberapa paragrap?
    maaf kalau tidak berkenan

    BalasHapus

Terima kasih buat teman-teman yang sudah berkomentar