Minggu, 31 Oktober 2010

Ada apa dibalik statusmu

Beberapa waktu yg lalu aku menemukan quote menarik di twitter begini bunyinya, People tell a lie to their friends on facebook, people tell the truth to strangers on twitter.

Kalimat pertama "people tell a lie to their friends on facebook membuat dahiku berkernyit, quote ini ada benarnya ada juga tidak benarnya. Pernahkah kalian memperhatikan status teman-teman kalian di facebook? Ada yang mengungkapkan perasaan cintanya pada pasangannya, pada keluarganya? Ada yang isinya tentang betapa sipenulis status orang yang sholeh dan alim begitu taat pada agamanya? Ada yang isinya tentang gaya hidup, spa disalon ini, pedicure medicure, liburan ke luar negeri, nginap di hotel ini? Atau cuma umpatan "Sebel, jaguarku lecet gara-gara diserempet ABG bermotor? Apakah status-status ini suatu kenyataan atau kebohongan? Soalnya sudah rahasia umum dari berbagai banyak teman di faceebook ada yang dulunya mantan pacar, mantan saingan, mantan musuh, he...he...he...barangkali bagi si pembuat status bohong dengan begitu mereka memuaskan hati mereka untuk membuktikan atau menyatakan mereka lebih, menang, dan berhasil dimata teman-temannya? Bagaimana dengan kalian? Pernahkah membuat status bohong? Menurutku sih itu hak sipenulis status sepenuhnya dan terserah pada si pembaca untuk percaya atau tidak. Kalau aku sih mending tidak usah menulis status kalau itu hanya kebohongan. Status di facebook menurutku seperti kita berpikir,bertutur, berlaku, bertindak dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan nyata kita punya batasan-batasan, sopan santun, toleransi, tepa seliro, dan lain-lain, begitupula di dunia maya.Kalau kita pikir dalam kehidupan sehari-hari bukanlah kita kenapa musti menulis status palsu? Yang namanya kebohongan lama-lama akan ketahuan juga kan? Kecuali kita punya nama palsu, akun palsu, dan status palsu juga di facebook? he...he..he..

Kalimat berikutnya, people tell the truth to strangers on twitter, bikin aku senyum-senyum sendiri, kayaknya ini Quote nyindir aku deh...he..he..soalnya status twitterku isinya curhatanku yg off the record...dan tak satupun followerku di twitter yg kenal aku alias strangers semua. Seperti kita curhat sama orang disebelah kita saat nunggu antrian di bank atau sama orang yg duduk disebelah kita saat naik angkot.

7 komentar:

  1. Emang bener mbak sebenarnya sih hak si penulis mau nulis apa aja... tp sebenarnya kita bisa ga memanfaatkan teknologi informasi dengan benar, bukan malah dimanfaatkan sama teknologi informasi itu sendiri...

    BalasHapus
  2. bener mba..memanfaatkan sebuah media komunikasi dengan bijak, agar bs membawa hal positif pula bagi kita...:)

    BalasHapus
  3. benar aku setuju sama mbak, dr pd boong lbh baik kagak usah nulis,...

    BalasHapus
  4. Kalo gw mah jarang nulis status di FB Mba. Males euy. FB mah cuma buat imel2an dan ceting ajah sama keluarga & sahabat2. Soalnya kalo nelepon kan mahal :-)

    BalasHapus
  5. akh...
    itulah makanya aku jarang banget update status FB...maleeeeees...
    twiter?
    Gak punya....hihihi..

    BalasHapus
  6. setuju mb,
    kalo bukan yang baik-baik dan berangkat dari niat baik..mending gak usah nulis ;D
    salam kenal :)

    BalasHapus

Terima kasih buat teman-teman yang sudah berkomentar