Selasa, 07 April 2015

JAMU GINGGANG

Kamu penggemar jamu? Aku? Iya banget. Jamu gendong, jamu seduh, yang rasanya enak sampai yang pahit....ayooo...hehehe...ya aku suka sambiloto.  Minuman berkhasiat dan khas Indonesia ini memang popular dari zaman ke zaman. Walaupun jaman canggih sekarang ini teteup tak sanggup menyingkirkan jamu dan khasiatnya dihatiku. Banyak manfaat dari jamu apalagi bagi wanita Indonesia yang hidup di negeri tropis. Salah satu khasiatnya menghindari dan mengobati penyakit kewanitaan, bau badan, menambah nafsu makan, bahkan membuat langsing singset, dan lain-lain. Aku ingat sekali sehabis melahirkan aku harus minum berbagai jamu setiap hari, tapi bagiku bukan siksaan karena khasiatnya memang mengagumkan, bahkan melancarkan ASI dan mengembalikan stamina ibu yang lemah baru melahirkan.

Ngomong-ngomong soal jamu sewaktu aku ke Jogja beberapa waktu yang lalu aku sempat mampir ke rumah jamu ya begitu kusebut terkenal di Jogjakarta, namanya Jamu Ginggang. Konon dari Bapak yang jual, Jualan Jamu sejak tahun 1930-an hingga sekarang.Walaupun zaman berganti, namun pembuatan jamu ini tetap menggunakan bahan-bahan berkualitas dan dibuat dengan cara tradisional.
Penampakan warung jamu dari depan

Asal usul jamu ini dari Bilowo, Abdi dalem Puro Pakualam. Pada awalnya Bilowo meracik jamu hanya untuk Kanjeng Sinuwun Paku Alam VII, atas seijin beliau pula Bilowo .menjajakan jamu racikannya tersebut. Asal kata Jamu Ginggang adalah Tan Genggan artinya bersatu padu, nama ini pemberian kerabat Puro Pakualam, karena agak susah mengucapkannya diubah jadi Jamu Ginggang, pada awalnya melihat namanya aku berpikir ini jamu hanya untuk mengobati penyakit pinggang atau encok doang, namun melihat daftar jamu yang tersedia ternyata menyediakan berbagai macam jamu, harganya berkisar antara Rp.3000-12000, buat oleh-oleh bisa beli jamu botolan yang tahan hingga tiga hari.

                                                    Jamu dan daftar harganya silakan dipilih

Warung jamu ini buka dari jam 08.30-20.30 WIB, sebelum jamu ini buka didepannya biasanya ada Mbah-mbah jualan gudeg murah meriah, Rp. 7000 dapat gudeg komplit dan mengenyangkan, setelah si Mbah jualan gudeg tutup warung jamu buka sebagai minuman penutup, mau hangat atau dingin suka pilih. Aku pilih temu lawak beras kencur, rasanya segar dan enak, setelah kemarin keliling Jogja badan lelah terasa segar kembali.
                                 Jamu temu lawak beras kencur pesananku dengan air gula jahenya
                                          Interior Warung Jamu yang berkesan tempo doeloe
                                                        Spanduk Jamu Ginggang

Bagi kalian yang ingin berdarma wisata ke Jogja dan penggemar jamu-jamuan, Tak ada salahnya, Warung Jamu Ginggang ini bisa dicatat sebagai tujuan wisata kuliner selama berkunjung ke kota pelajar ini. Tempatnya mudah ditemukan dekat Puro Pakualam, Jalan mesjid no.28 tepat diseberang Hotel Puri Pangeran. 

6 komentar:

  1. Warungnya vintage bangettttt :D Aku jamu apapun suka, kecuali jamu seduh yang biasa dikocok di apotek2 itu :D

    BalasHapus
  2. Aku ngga suka jamu mak. Dulu pernah berhari2 minum jamu karena baru lahiran. meski manis aku ngga suka, mungkin karena ngga dibiasain minum sedari kecil ya

    BalasHapus
  3. aku jadi pgen minum jamu juga mba, jamu buat kulit supaya bersih hehhee....

    BalasHapus
  4. Kalau aku paling sukanya kencur atau kunyit asem, mbak :)

    BalasHapus
  5. aku sukanya jamu yang di campur telur sama madu gitu. ini kok blognya gak update di blog list aku ya mbak, pantesan banyak postingan ketinggalan yang belum aku baca

    BalasHapus
  6. Ini yang deket Pakualaman itu toh? Yang depannya hotel itu ya? Karena aku nggak begitu suka jamu ya belum pernah masuk ke sini. Tapi biasa klo cari sarapan soto atau lontong sayur di Pakualaman lewat sini selalu rame. Gudegnya juga rame tapi ya belum pernah nyobain juga. Kapan-kapan deh mampir nyobain beli gudegnya.

    BalasHapus

Terima kasih buat teman-teman yang sudah berkomentar