Minggu, 02 Februari 2014

MARKIPAS

Hari minggu adalah hari memasak sedunia bagiku makanya selain mencuci pakaian jadwal wajib ke Pasar, maklum aku perlu bahan makanan buat dua hari berikutnya dan printilan bumbu untuk seminggu selain itu ke Pasar itu juga hiburan kadang khilaf sedikit tiba-tiba liat jilbab lucuk atau benda-benda ngga penting lainnya. Yuk mari intip aksi blusukanku ke Pasar.
                                                                   Ikan Gabus
                                                   Ikan segar yang masih hidup loncat-loncat
Berburu ikan segar ditempatku banyak jual Ikan sungai segar semacam sepat, pepuyu, sepat siam, ikan gabus, orang Kalimantan Selatan itu terkenal pemakan Ikan Sungai kecuali aku. Iyaaa...ikan air tawar yang kusuka cuma gurame dan ikan kakap itu juga dimasak asam manis, tapi hubby dan anak-anakku penyuka ikan. Di pasar ini juga pembeli bisa minta ikannya disiangi....sttt....jangan bilang-bilang, aku tidak bisa membersihkan ikan apalagi ikan segar yang masih bisa akrobat antara ngeri-ngeri takut, jadi aku paling demen kalau ada penjual yang bisa ekstra menyiangi ikan sekaligus jadi di rumah aku tinggal bersihin saja :)

sayuran segar
Salah satu alasan pergi ke Pasar Tradisional karena disini bahan makanan yang dijual masih segar, murah dan bisa di tawar. Apalagi kalau penjualnya sudah langganan...kadang malah ditawari istilah orang Banjar alias dikasih gratis apalagi kalau pembeli pertama....penglaris. 

ikan asin 
Selain ikan segar Pasar tradisional juga menjual ikan asin, ikan sepat kering ini tidak terlalu asin banget rasanya enak kripsy gitu, yang sebelahnya kami menyebutnya "Ikan Samu" Ikan yang masih segar dikasih seperti beras yang dikasih garam dan kunyit, awetnya cuma 2 hari di kalau di dalam kulkas rasanya khas.

jajanan pasar
Ini semacam guilty pleasure, habis beli bahan-bahan makanan biasanya suka tergoda dengan kue-kue jajanan pasar seperti onde-onde, cucur, kue apem, kadang alasannya buat belikan anak-anak tapi emaknya sudah duduk makan serabi dan lupis di tempat 4 potong hehehe....emak kan perlu energi yang besar sekembalinya ke rumah buat masak. Sebenarnya aku ingin juga memamerkan buah-buah tradisional di tempatku yang hanya di jual di pasar tradisional tapi lagi bukan musimnya, mungkin lain waktu yaa.

Jualan Bunga
 aku juga menemukan penjual bunga, buat yang mau menikah perlu bunga ronce segar atau yang mau nyekarbisa beli disini bahkan bisa minta roncein

Nah, markipas, mari kita ke pasar, tidak perlu dandan maksimal ke Pasar cukup kenakan pakaian kasual dan sendal jepit siap-siap desak-desakan dan becek-becekan, itu tas hermes KW diparkir aja dulu...pake dompet paling buluk dan uang secukupnya hati-hati copet, gengsi menawar anda rugi :)











9 komentar:

  1. aku baru pulang dari pasar nih mbak :)

    BalasHapus
  2. Thank you for your superb post.

    BalasHapus
  3. nicepost , , ,
    salam kenal , , ,
    jangan lupa mampir diblog q mbak . . .

    BalasHapus
  4. Mbak Ina, ih kita sama banget deh, aku juga belanjanya tiap hari Minggu. Tukang ikan juga bisa diberdayakan buat nyiangin ikannya. Aku sebetulnya bisa, tapi kalo ada yang lebih jago, kenapa enggak? Hihihi..
    Dan persissssss sama pulangnya pasti mampir beli jajanan pasar dengan alasan yang persis sama juga :D
    Aku juga kalo ke pasar sengaja gk mandi, pulangnya nanti baru mandi, ohohoho..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama Del, aku juga ngga mandi ke pasar...hihihi...

      Hapus
    2. Aku jg ke pasar sendal jepitan dan ga mandi dulu. Abis bau pulangnya jadi mending mandi sepulang dr pasar. Salam mbak.

      Hapus
  5. Kalo emak2 jalan2 ke pasar... pasti pengennya beli macem2 ya? hehehe

    BalasHapus
  6. Mbak, bunga yg dijual itu apa aja sih?
    Kalau di tempatku itu bunga mawar, melati dan kenanga aja.
    BTW kalo beli jajan lagi, jangan makan di tempat dong mbak... dibawa pulang aja biar aku bisa kebagian hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar bunga mawar,melati, dan kenanga kadang dironce. Pengen apa Mbak...bungkuuuus ya..hehehe

      Hapus

Terima kasih buat teman-teman yang sudah berkomentar