Senin, 04 Juli 2011

SIAPA YANG SEKOLAH?

Temanku yang anaknya sekolah di sekolah SD bisa dikatakan terbaik berstandar Nasional lagi mengeluhkan, anakknya sering merasa kelelahan. Bagaimana tidak pagi sekolah sampai siang (padahal baru kelas II SD), jam dua siang les lagi disekolah sampai sore. Malamnya ngga bisa ngapa-ngapain lagi habis makan malam ngerjain PR tepar ketiduran. PRnya tidak main-main, satu mata pelajaran 25 buah PR, bayangkan kalau sehari itu 4 mata pelajaran dan semuanya kasih PR totalnya 100 soal yang harus dijawab anaknya dalam sehari!

Makanya dia bilang anaknya ngga bisa gemuk-gemuk, kecil-kecil banyak pikiran. Karena kasihan sama anaknya setiap hari mamanya mengerjakan PR anaknya. Terang saja nilainya tidak pernah jelek. Pernah anaknya yang mengerjakan, nilainya tak sebagus punya teman-temannya yang PRnya dikerjakan ibunya, daripada nilai anaknya kurang terus ya terpaksalah ibunya yang mengerjakan PR anaknya setiap hari! Wah tugas tambahan selain bekerja dikantor, pekerjaan rumah, ditambah ngerjain PR! Super Multitasking. Banyak orang tua murid yang mengadakan pendekatan pada guru-gurunya, dengan memberi hadiah atau oleh-oleh bila bepergian, kalau tidak begitu tidak mendapat perhatian lebih dari gurunya dan tidak dapat rangking, lho?

Ah, untung saja anakku sekolah di Sekolah Dasar kebanyakan. Rizky masih bisa main layangan, bulu tangkis, main kelereng, sepulang sekolah. Tidak bisa membayangkan kalau Rizky harus sekolah seperti itu melihat kondisi fisiknya. Aku ingin Rizky merasakan masa kecil yang sangat bahagia seperti yang kurasakan waktu aku kecil dulu tanpa harus bolak-balik rumah sakit lagi . Mamaku disiplin dan agak keras dalam soal belajar, tapi aku masih punya banyak waktu luang untuk bermain dan membaca cerita dongeng tidak hanya belajar....belajar....dan....belajar. Belajar kan bisa dimana saja, tidak hanya formal disekolah menurutku, bersama orang tuapun bisa belajar. Bersama teman-temanpun bisa belajar. Menjelajah alam juga belajar.

Aku selalu menekankan pada Rizky untuk mengerjakan PRnya sendiri, tapi membimbingnya dalam mengerjakan PR itu kewajiban. Kadang kubiarkan dia mengerjakan sendiri kalau dia tidak bisa baru aku ajari. Aku juga mengajarkan dia arti kekalahan karena disitulah proses belajar berlangsung , Aku ingin ia bandingkan nilainya sendiri, nilai yang berusaha keras dengan nilai yang malas-malasan, biar dia tahu sendiri. Biar dia tahan berkompetisi dan tidak mudah menyerah.
.
Perhatian dengan guru itu sih sah-sah saja, tapi kalau perhatian semata-mata untuk mendapatkan nilai bagus itu agak aneh kurasa. Aku juga memberikan hadiah pada guru anakku tapi saat pembagian rapor. Apapun hasil rapor anakku bukan dipengaruhi dari bingkisan yang kuberi. Bingkisan itu semata-mata ucapan terima kasih telah membimbing anakku selama ini.

Alhamdulilah, si kaka mendapatkan nilai yang cukup memuaskan dan rangkingnya mengalami peningkatan. Dari rangking 10 dikelas 1, dikelas 2 loncat ke rangking 5, naik ke kelas 3 naik satu peringkat ke rangking 4.Sebaiknyanya sih memang tidak harus menekankan harus rangking, yang paling penting dari belajar itu proses dan pemahaman. Apalah arti nilai tinggi dan dapat rangking kalau bukan usaha dia sendiri, Apalah artinya nilai tinggi kalau si anak tidak memahami apa yang dia pelajari? Pertanyaannya sekarang siapa sih yang belajar anaknya atau orangtuanya?

8 komentar:

  1. iya setuju mbak..anak2nya sekarang uda bnyak bgt kegiatannya..les ini les itulah.bagus jg sih mba cuma jadi g ad waktu benar2 bermain, bersma alam..

    BalasHapus
  2. anakku masih TK nih jadi kurang mengerti

    BalasHapus
  3. bagi anakku kok gak masalah tuh..dan badannya tetap gemuk lho...dan sejak Tk aja ia hrs plg sklh jam 1.30(lgsng iqra di sklh) dan SD plg jam 2.30 dan SMP jam 4.30...krn dari dulu seklh di sklh favorite, tp masih bisa main dan eksul lho..

    BalasHapus
  4. kasian bgt anaknya kalo PR nya sebanyak itu. teringat dulu pas kecil, kerjaan saya maeeeeeeeeen melulu tp bisa ranking. PR ngga banyak sih dan mana pernah dikerjain mama. yg ada jg kalo dikerjain sama mama sering salah. hahaha

    BalasHapus
  5. @Meutia, iya ingat dulu PR paling banyak 10 waktu SD dulu, maiiiinnya yang banyaak....he...he...makanya aku bilang aku dulu waktu kecil bahagia banget, ngga ada beban tapi anehnya bisa dapet rangking juga tapi kayaknya yang seperti itu ngga berlaku untuk anak sekarang ya...

    BalasHapus
  6. Di sekolah shasa ada les tambahan baru mulai kelas 4 SD yang lalu, itupun pulangnya masih siang, gak sampai sore.
    Selama ini shasa juga belum ikut les pelajaran sekolah di luar karena aku gak tega aja kalau waktunya habis utk les.
    Baru di kelas 6 ini nanti shasa aku ikutkan les utk persiapan ujian, itupun bukan ke lembaga bimbingan belajar.
    Anak2 sekarang memang mendapat beban yg sangat berat ya mbak..? Aku sering merasa kasihan jika melihat Shasa mengerjakan PR yg banyak (untung aja tidak setiap pelajaran memberikan PR setiap harinya)

    BalasHapus
  7. Saya juga agak2 pusing nih.
    Tahun ini sih si Vay sekolahnya masih seminggu tiga kali. Tapi tahun depan begitu dia TK, itu masuk tiap hari dari jam 8 sampai jam 1 siang. Aduh, kok lama banget ya... bisa2 kecapekan dia. Kemarin aja ada summer class dan dia masuk sekolah tiap hari, dia bilang "loh kok sekolah lagi?"...
    Ah dilema memang...

    BalasHapus
  8. untung aku sesekali saja perlu membimbing Riku membuat PR. Tapi kalau sampai ibunya yang buat PR ya keterlaluan dong... bisa dimengerti kalau nantinya UN byk yg tidak lulus :)

    Aku setuju dengan langkah yang diambil untuk tetap membiarkan anak2 menikmati masa kanak-kanaknya, yaitu sambil bermain. Kapan lagi? Waktu itu tidak akan kembali.

    EM

    BalasHapus

Terima kasih buat teman-teman yang sudah berkomentar