Jumat, 15 April 2011

SEPI MENYESAKKAN

courtesy of weheartit

Aku suka sepi. Kadang kalau ditengah kerumunan yang ruame banget aku menyingkir sedikit untuk menyepi.Bahkan menurutku sepi itu indah. Bayangkan saja dipegunungan yang sepi hanya terdengar gemericik air, cericit burung, atau suara dahan bergesekkan dipermainkan angin.

Tapi pernahkah kalian merasakan sepi yang menyesakkan? Hampa dan bikin dada serasa sesak. Susah diungkapkan dengan kata-kata tapi bisa dirasakan. Dan itu bukan perasaan yang nyaman.

Aku merasakan sepi seperti ini, saat aku baru memiliki satu anak. Rizky. Rizky waktu itu masuk rumah sakit. Karena ada keperluan yang harus aku ambil ke rumah, orang tuaku menggantikan aku menjaga anakku. Aku pulang ke rumah. Masuk ke rumah aku menangkap rasa sepi ini. Sepi yang menyesakkan. Mendapati mainan si kakak di sana-sini tapi tidak ada yang memainkan. Pakaian yang biasa ia pakai. acara TV kesukaannya tapi tidak ada yang menonton. Sepi tanpa suara-suara balita tiada tawa pun tangis yang biasa kudengar.

Rasa ini aku rasakan lagi saat membawa pulang jenazah ayahku dari rumah sakit, aku duduk di ambulance dengan adikku. Aku dan adikku sambil berdo'a dalam hati tapi lidah kami kelu. Sepanjang jalan itu begitu sepi. Sepi yang menyesakkan. Waktu terasa berjalan begitu lambat, dan sepi itu memagutku begitu erat. Betapa waktu begitu cepat. Saat masa itu datang, baru kita tersadar betapa berharganya waktu-waktu yang kita liwatkan bersama.

Bagaimana dengan kalian, pernahkah merasakan sepi yang menyesakkan ini?

15 komentar:

  1. Mungkin tidak bisa dibandingkan dgn mbak Misfah karena kedua orangtuaku masih lengkap tapi jarak begitu jauh :(

    Aku akhir-akhir ini (sejak 3 tahun terakhir) merasakan sepi yang menyesakkan. Sampai kalut dan menangis meraung-raung apalagi waktu anak-anak tidak ada. Kalau sudah begini, biasanya aku chatting dengan teman, atau menelepon siapa saja yang available.

    Dan aku sadar, bahwa ternyata aku tidak punya sahabat yang bisa selalu ada kalau diperlukan :)
    Pernah hampir minum obat tidur juga, tapi untung tidak aku laksanakan. Berdoa dan menulis puisi sedih juga merupakan pelarianku.

    EM

    BalasHapus
  2. Saya juga suka sepi Mbak...kalau ribut malah gak bisa mikir :D

    BalasHapus
  3. yang tabah ya mbak..
    meskipun saya belum pernah merasakan kehilangan anggota keluarga, tapi rasanya saya dapat mengerti sesak yang seperti itu, sewaktu kemaren kehilangan sahabat.
    mungkin lebih baik kalau kita berusaha untuk move on, hidup sebaik0baiknya dan menjaga kedekatan dengan orang-orang yeng berarti buat kita selagi masih diijinkan Tuhan

    BalasHapus
  4. Pernah, Mbak. Yaitu pasca membatalkan pernikahanku di H -5 dgn pacar yang udah bersamaku selama 8 tahun.
    Trus waktu papa meninggal dan aku terperangkap seharian di bandara gara-gara pesawat delay dari jam 9 pagi ke 5 sore hingga aku nggak bisa menghadiri pemakaman beliau meski aku sudah melakukan shalat ghaib untuknya, tetap aja sepi yang menyesakkan itu membekap kepalaku.
    Aku merasa sendirian dan rapuh :(

    Kadang-kadang, sepi yang menyeskkan itu datang sendiri tanpa ada kejadian apapun mendahuluinya.

    BalasHapus
  5. @Mbak Imel, ternyata menjadi wanita dewasa itu tak semudah waktu kita masih remaja dulu yaa, aku juga sukamerasrasa begitu, merasa sendirian mengatasi masalahku sendiri, kadang tidak mudah.
    @Dewi Fatma, aku bisa ngerasain apa yang kurasakan. Syukurlah Dewi bisa mengatasinya dan melaluinya.

    BalasHapus
  6. Mbak, aku jadi ikut sedih. Sepi sesak mungkin pernah kurasakan tapi pasti tidak sama dgn yang dirimu rasakan, karena aku belum pernah kehilangan utk selama2nya. Ah aku sering berandai2 semoga aku bisa mengatasi kerinduan bila saatnya datang.

    BalasHapus
  7. aku suka sepi mbak..
    tapi akhir-akhir ini aku benci sepi..takuuutt bgt rasanya..

    BalasHapus
  8. sepi? sepi banget? belum pernah merasakan, tapi skrg jadi pengen merasakan situasi lingkungan yang agak sepi *nyambung gak ya?*....

    BalasHapus
  9. kadang kita juga butuh sepi, Mbak.. walau mungkin dosisnya jangan terlalu banyak yh..
    kalau sepi yang Mbak Misfah rasakan sepertinya sepi yang campur sama sedih yang mendalam yah.. *hugs*

    BalasHapus
  10. duh...duh...
    postingan nya sedih amat nih mba :(

    baru ditinggal ayah tercinta rupanya...

    aku juga ditinggal mama ku sekitar 4 tahun yang lalu...
    dan terkadang... tiba tiba aja masih suka reflek ngambil hp buat nelfon mama kalo abis liat gosip aneh di tv...dulu setiap pagi kita telfon telfonan khusus untuk ngebahas berita gak penting kayak gitu...
    kadang aku suka lupa kalo mama udah gak ada...
    dan waktu sadar suka sediiiiih banget...

    yang tabah ya mba:)
    time can heal kok :)

    BalasHapus
  11. :) mudah2an qt bs memanfaatkan waktu bersama org yg kita sayangi saat mereka masih ada...

    BalasHapus
  12. sepi yang menyesakkan saat kita lagi sedih luar biasa tapi tidak ada yang bisa diajak bicara :(

    tapi aku belum pernah merasakan kehilangan seseorang yang benar dekat denganku, aku gak tau gimana rasanya, tapi pasti sakit banget :(

    BalasHapus
  13. sepertinya semua org pernah merasakan hal yang sama, tp cara mereka bereaksi terhadap rasa itulah yang berbeda-beda ;)


    HS

    BalasHapus
  14. waktu itu suamiku keluar kota dan aku harus mewakilkan dia untuk transaksi jual beli di mall. begitu masuk mall, aku ngrasa seneng : "Ah lumayan bisa jalan2 puas kesana kemari window shopping tanpa ada yang mengajak pulang. Bisa pilih mau makan dimana sesuka hati gak usah kompromi sama maunya Suami.. Berasa lajang kembali lah..."

    Eh tapi pas udah 2 jam sendirian di mall, makan sendirian dan jalan sendirian..., baru kerasa deh. Apa gunanya menikmati jalan-jalan ini kalau gak ada Suami yang bisa diajak ketawa2 dan gandengan tangan? :( :(

    http://ndutyke.wordpress.com

    BalasHapus
  15. Gw juga suka ngerasa sepi banget kalo Zahia bobo. Padahal kali dah bangun emaknya suka ngerasa keganggu saking pecicilan kaga bisa diem. Hihihi, labilnyya dirikyu!!

    BalasHapus

Terima kasih buat teman-teman yang sudah berkomentar