Sabtu, 23 April 2011

KETIKA MAMA DIKLAT

Kalau ditanya kapan aku terakhir kali aku mengikuti diklat? setahun yang lalu kalau tidak salah. Selama menikah dan punya anak, kalau ada pilihan ya atau tidak aku milih tidak, kecuali harus ya! Itu juga menimbang-nimbang berapa lama dan dimana? bukan membayangkan diklatnya tapi yang ditinggal diklat ! Beberapa hari sebelum masuk diklat kepala ini mumet mikirin macam-macam mengatur strategi dan menganalisis segala kemungkinan. Urusan dapur, urusan momong anak, urusan ngantar si kaka sekolah, dan tetek bengek lainnya. Kalo dipikir-pikir rasanya ini kaki dua ada perekatnya di rumah. Beraaaaaat banget. Namun setelah berkoordinasi dengan hubby, mama, dan para asisten, Bismillah berangkat jualah si emak ini ke tempat diklat.

Sebenarnya aku menyukai diklat, Kadang kalakita mengalami kejenuhan dalam bekerja, karena sudah lama mengerjakan yang itu-itu saja, begitu juga dengan pengetahuan kita yang hanya berputar dilingkungan kecil tempat bekerja tidak bertambah bahkan banyak yang lupa, itulah gunanya diklat untuk mengupgrade pengetahuan dan mengasah ke ahlian. Selain itu juga menjalin silaturahmi sesama rekan seprofesi, berbagi pengalaman dan ilmu, kadang bekerja bersama dan mempresentasikannya bersama-sama, dengan berbagai orang dari bermacam daerah, berbeda usia, pengalaman kerja, dan pendidikan. Aku kagum sama ibu-ibu yang sudah dianggap sepuh tapi masih mau bekerja sama dengan yang muda-muda dan beliau masih mau belajar dan tidak menganggap diri beliau telah banyak makan asam garam, kita merasa diayomi. Begitupula peserta yang lebih muda dan memiliki kemampuan lebih dan kualifikasi pendidikan lebih tinggi, tapi mau membantu kita-kita yang sudah berumur, tapi masih "gaptek" dan banyak tanya ini :)

Diklat bagiku kadang juga sebagai ajang reuni, entah pernah sama-sama jadi peserta diklat yang sama atau teman lama waktu kuliah, setelah sekian lama waktu berlalu dia dimana, saya dimana, ketemu-ketemunya di tempat diklat! Diklat terakhir aku ketemu temanku yang sudah lebih dari sepuluh tahun terpisah, sekarang anaknya sudah tiga. Bahkan ada satu diklat ketemu teman lama juga tapi bukan sebagai peserta diklat tapi sebagai pembicara diklat!

Aku kalo diklat cerewet. Ngapain juga bela-belaain ninggalin anak suami tapi tidak dapat ilmu apa-apa selain badan capek dan makan dan penginapan gratis. Aku banyak tanya, alasannya dua, emang aku ngga tahu dan bolot banget ama yang dibicarakan atau ngantuk berat! Obatnya bertanya:) Lagian biar ada bahan kalo si boss pulang-pulang nanya.

Aku orang yang termasuk "gaul" kalo diklat, kan ada orang yang kalo diklat maunya sekamar atau berteman dengan orang yang satu daerah saja, atau satu kantor saja, atau teman saja. yang pinter-pinter aja, yang muda-muda aja, angkatan 45 aja!Aku sih terserah sekamar sama siapa saja, sekelompok sama siapa udah kenal kek belum kenal kek nanti kan juga kenal, soalnya kita hari-hari didiklat bareng terus. Yang kuperhatikan beda ibu-ibu dengan bapak-bapak kalo diklat, kalo bapak-bapak cuman bawa tas tangan doang atau ransel coba ibu-ibu, bawaannya koper bahkan tas make up, hair dryer, strikaan, lampu darurat hingga termos air panas dan bantalpun dibawa, kalo rumah bisa jadikan compact bisa muat di koper dibawa :) Di kamarpun beda kalo kamar bapak-bapak selesai session, sepi tidur paling stau dua yang main catur atau nonton TV, coba kamar ibu-ibu, masih jam sepuluhan gitu mah masih pagi, habis ishoma dan ngerjain tugas masing-masing hp ditangan nelpon anak-anak masing-masing, eh malah nangis bareng-bareng kangeeeeen. Abis nangis-nangisan tidur? Jangan tanya kalo sudah ngumpul gitu mata udah ngantuk badan sudah capek tapi ngobrol jalan terus, ngga kerasa udah jam 3 pagi aja :) Wah, kalo sudah ngobrol ini Ibu-Ibu malah lebih heboh, pake gaya, joget-joget dan ngakak guling-guling segala, (maklum pada jauh dari suami...he..he...) Kalo sudah begini kagak berasa kalo kita tuh baru kenal.Pulang-pulang juga kelihatan beda, Bapak-bapak langsung pulang ibu-ibu apalagi kalo bukan shopping, seenggak-enggaknya oleh-oleh buat yang ditinggal di rumah. Begitulah, secuplik suka dukanya kalo ibu-ibu diklat. Yang pasti pulang diklat nambah ilmu, nambah teman, nambah uang saku, nambah berat badan :) My hubby, Icha, Rizky, mama pulaaaaaang!














15 komentar:

  1. welcome back home ya mbak. kalo yang aku liat,kayaknya semua orang males banget ikutan diklat.entah kenapa.

    BalasHapus
  2. Diklat itu( meski belum pernah ikut tapi pernah liat bapak ikut) kyknya isinya belajar tapi banyak enaknya sperti yg mba Msifah bilang, hoho banyak teman..bisa belajar banyak jg dari mereka, secara kita bias belajar dari siapa aj..

    BalasHapus
  3. waaah senangnyaaa.. diklat nambah wawasan baru dan pengalaman. Nambah crita-crita kalau brsua dengan keluarga kembali. Emang yang paling seru belanja oleh-oleh. Meski nggak untuk sendiri, keknya kurang pas kalau nggak bawain sesuatu buat orang rumah

    BalasHapus
  4. Ikut diklat memang nambah banyak ilmu yah mba :)

    BalasHapus
  5. wah gak pernah ikutan diklat .. tapi tau rasanya kalo ninggalin keluarga di rumah , beerraatt pastinya .. salam kenal mbak .. :) makasih sudah mampir ke blog ku ..

    BalasHapus
  6. hihihi, seru kayaknya mbak, ikutan diklat :)
    iya emang mbak, selagi harus jauh dr keluarga krn ikutan diklat, sebaiknya kita memanfaatkan saat2 diklat itu semaksimal mungkin. ambil manfaat sebanyak2nya : ilmu, teman baru, belanjaan baru dsb :D

    http://ndutyke.wordpress.com/

    BalasHapus
  7. seumur2, saya ngga inget pernah ikutan diklat. hee..

    BalasHapus
  8. makanya saya salut sama ibu ibu yg bekerja tapi bisa mengurus anak. kalo pas ada acara kantor sibuk banget kan? tapi bisa mengatur dg baik. mantap deh

    BalasHapus
  9. aku dah lama ga ikut diklat... ikut diklat yang pulangnya dapet uang saku malah belom pernah hehee... enak juga tuh kayaknya.

    BalasHapus
  10. wah diklat itu gimana ya???
    saya belum kerja sih, jd ga tau:D

    BalasHapus
  11. Haiyaaa ...
    Ini bener banget ...

    Dan yang jelas ...
    pekerjaan saya kurang lebih adalah jadi panitianya Diklat ini ...

    dan urusan mengelola peserta ini punya seni tersendiri ...
    Mesti Tegas - Disiplin ... tetapi juga sekaligus Toleran dengan kebutuhan mereka

    Salam saya Ina

    BalasHapus
  12. Aku tidak pernah ikut diklat, tapi sering jadi penerjemah untuk peserta diklat :D

    Sepertinya sifatnya sama nih. Cuma aku tidak pernah menelepon rumah kalau pergi lama, karena aku tidak mau mereka "teringat" bahwa mamanya tidak ada. Kecuali kalau mereka yang telepon :D

    EM

    BalasHapus
  13. wah bener mba', kalo ibu' mau pergi diklat malemnya kita tidur bareng2 sekamar sama ibu. trus wktu ibu pulang pasti banyak dibawain oleh2. beda kl bapak yg keluar kota, gak pernah bawa oleh2 kl gak pesen dulu.. hehe..

    oiya, ada award nih buat mba' misfah.. semoga berkenan ya.. http://ameliasaga.blogspot.com/2011/05/hp-organizer-dan-award-lagi.html

    *BigHug

    BalasHapus
  14. yaaaah...
    dilema nya jadi emak emak ya mba Misfah...
    mau pergi kemana mana rasanya beraaaat ajah ya...

    selamat kangen kangenan bareng suami dan anak anak ya mba :)

    BalasHapus
  15. bener Mba, diklat tuh menyenangkan banget deh. Apalagi kalo dulu pas masih jojoba (jomblo2 bahagia), diklat jadi arena mencari jodoh hehehehe

    BalasHapus

Terima kasih buat teman-teman yang sudah berkomentar