Sabtu, 05 Maret 2011

SELOP SURPRISE

Tidak ada hari yang sempurna bersiaplah untuk kejutan. Kejutan kemarin yang menimpa saya bukan tiba-tiba ada yang memberi selop, aduh ma kasih banyak ya, *mau banget*...he..he..tapi saat saya lagi ke pasar tradisional tiba-tiba saja selop saya yang pinggirannya berpaku-paku itu copot, disaat yang bersamaan saya menjejak di jalan berlobang, ces! malang tak dapat ditolak, paku itu menancap dengan sukses ditelapak kaki kiri saya. Wow, berdarah-darah segala, tapi masak sih harus bertingkah seperti anak lagi tantrum, nangis kejer tidak keruan, *drama queen" buanget deh. Calm down...nenangin diri setelah melap darah yang masih terus keluar, saya ambil motor. Kepikiran pertama kali ke puskesmas, bukannya kemarin tanggal merah, puskesmas tutup, saya tancap gas ke rumah sakit, tujuan utama saya IGD. Mungkin karena sudah pengalaman waktu anak dan suami sakit disaat tengah malam, atau hari libur, tidak ada dokter atau rumah berobat yang buka kecuali IGD Rumah Sakit!

Disana saya dilayani dengan cepat bermodal kartu askes yang kemana-mana selalu saya bawa di dompet. Lukanya dibersihkan di kasih obat dan disuntik tetanus, dan gratis! Dikenai cuma biaya tindakan saja. Waktu mau nebus obat baru telepon hubby yang lagi jaga anak-anak, tidak mungkin kan saya yang lagi dirawat lari ambil obat? Setelah semuanya beres, saya dan suami pulang naik motor masing-masing :) Orang pada melihat saya gimana gitu? kaki diperban naik motor! sayanya sih fine-fine aja....suntik kebal barusan masih ngefek sih..he...he...Yah, batal menghabiskan weekend dengan jalan-jalan. Kali ini cuma di rumah saja ya sayang....(aman-aman duit di dompet...hi...hi...)

Sejak berkeluarga saya baru merasakan pentingnya asuransi kesehatan tentunya selain asuransi pendidikan. Apalagi pas hamil dan mempunyai anak balita. Walaupun tidak memiliki keinginan sesuatu yang buruk menimpa kita, tapi yang namanya manusia, ada kalanya kita tertimpa sesuatu yang tidak diinginkan, bahkan pada waktu-waktu yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Misalnya tiba-tiba ketuban pecah dan mau melahirkan padahal kita tidak di rumah? Apalagi yang punya anak bayi atau balita, anak tiba-tiba panas tengah malam dan dokter sudah pada tutup praktek? Apalagi yang kena muntaber dan panas, jangan sampai anak dibiarkan sampai lemas apalagi step! Perlu tindakan cepat untuk mengatasi masalah ini. Satu-satunya tempat yang bisa didatangi disaat darurat ini IGD dengan berbekal kartu askes! Kadang kalau sakitnya tidak terlalu parah tidak langsung diopname, paling dikasih obat lalu di suruh pulang. Kerap saya lihat Bapak atau Ibu yang kebingungan karena tidak memiliki Askes, atau Jamkesnas. Tak ada salahnya mengurus kartu ini jauh-jauh hari, jadi bila suatu waktu diperlukan tidak perlu bingung lagi. Walaupun, tidak serta merta menutup seluruh biaya pengobatan, setidaknya mengurangi beban biaya pengobatan. Tapi tentunya mencegah lebih baik daripada mengobati. Yah, masalah selop berujung ke IGD cuma satu kata aja, "APES"...he..he...ok dah kalau begitu nanti ke pasar saya pake sepatu boot!

9 komentar:

  1. hmmm askes bisa dipakai untuk melahirkan ya?
    Di sini tidak bisa. Karena dianggap melahirkan bukan penyakit. Tapi dapat tunjangan dari pemda (belakangan) sebanyak 30.000.000Rp (biaya bersalin biasa 40-50 juta)

    EM

    BalasHapus
  2. waduh mba bahaya banget itu selopnya wkk..
    untunglah gx kenapa2...^^

    BalasHapus
  3. Jangan pakai selop yg ada pakunya mbak... Bahaya tuh. Untung aja langsung ke IGD jadi bisa dirawat dg baik.

    BalasHapus
  4. hati2 ya mba.. jangan kena paku lagi.. ^_^

    cepet sembuh yaa

    BalasHapus
  5. alhamdulillah gak knapa2 ya mbak...

    aku malahan baru aja bikin askes...
    padahal dulu paling anti...hehehehe

    BalasHapus
  6. wah alhamdulillah ga papa ya bu ;) tapi tetep hati-hati soalnya tetangga ada yang meninggal karena kena paku. mungkin dia lupa suntik tetanus ~.~ lain kali mending pake sepatu aja sekalian biar ga kena becek juga ;p

    BalasHapus
  7. kaki kaku kena paku
    selop baru berujung saku...
    "nggak klop yach pantunnya?!" hehehe..

    next time, memang mesti pake boots Bunda...:D

    BalasHapus
  8. wah ga ada posting baru. ayo update ;D

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah langsung mendapat perawatan yah Mba. Dan udah suntik tetanus juga :-)

    Hihihi bener tuh, pesen moralnya kalo ke pasar kudu pake sepatu boot ato safety shoes

    BalasHapus

Terima kasih buat teman-teman yang sudah berkomentar