Kamis, 20 Mei 2010

Film Korea : White Night


Aku menyukai film-film yang diadaptasi dari novel seperti Atonement dan Twilight, juga film yang menampilkan sisi gelap manusia dan tentu saja misteri dengan bumbu action yang menegangkan. Film ini salah satunya.

Baru kali ini aku punya kesempatan menonton Film Korea yang bukan serial, Judulnya White Night. walaupun judulnya ada kata white, film ini malah menceritakan sisi gelap dua anak manusia Yo Mi Ho (Son Ye jin)dan Kim Yo Han(Ko Soo). Cerita dimulai 14 tahun yang lalu ayah Kim Yo Han terbunuh disebuah kapal tua. Detektif han Dong Soo(Han Seok Kyu) bertugas menyelidiki pembunuhan ini menemukan tersangka utama pembunuhan ini adalah selingkuhan ayah Kim Yo han, yang tak lain ibu Yo Mi Ho. Namun kasus ini menemui jalan buntu setelah ibunya Yo Mi Ho tewas bunuh diri.

15 tahun kemudian Yo Mi Ho yang telah dewasa bertunangan dengan seorang konglomerat kaya raya Jo Min-Woo (Bang Joong Hyeon)dan ia mulai menapaki karirnya sebagai perancang busana pria. Asisten si konglomerat ditugasi untuk menyelidiki latar belakang Yo Mi Ho sebelum mereka menikah, si Asisten menemukan ada seorang lelaki yang selalu menguntit dan selalu ada dimana Yo Mi Ho ada. Laki-laki itu seorang bartender yang tak lain adalah Kim Yo Han.

Pembunuhan-pembunuhan lainpun terjadi pada orang-orang yang ada hubungannya dengan Yo Mi Ho dan Kim Yo Han. Membuat detektif Han kembali turun tangan membuka file 14 tahun lalu yang masih menyisakan misteri dan luka karena anak Detektif Han menjadi korban dalam kecelakaan saat Det. Han menyelidiki perkara pembunuhan Ayah Kim.

Mendekati klimaks terungkaplah cerita siapa sebenarnya pembunuh ayah Kim Yo Han, tak lain Kim Yo Han sendiri yang tak kuasa melihat gadis yang dicintainya Yo Mi Ho yang waktu itu masih remaja hendak dilecehkan secara seksual oleh ayahnya di kapal tua. Kim Yo Han menusukkan belati ke dada ayahnya sendiri, beberapa waktu kemudian, Yo Mi Ho melakukan hal yang sama pada ibunya dan merancang seakan-akan ibunya bunuh diri agar kasus ini tak terungkap karena tersangka utamanya keburu tewas.

Keduanya menyimpan cinta dan masa lalu mereka dengan rapi. semakin cinta Kim Yo han berkembang, Kim Yo Han berusaha menghabisi orang-orang yang ada disekitar Yo Mi Ho, termasuk tunangan Yo Mi Ho untung saja Yo Mi Ho berhasil menyelamatkan tunangannya dari kecelakaan mobil yang dirancang Kim Yo Han.

menurut undang-undang Korea kasus yang belum terungkap hingga 15 tahun dianggap kadaluarsa. Det. han percaya Yo Mi Ho dan Kim Yo Han akan bertemu pada hari pemutihan mereka, hari pembebasan mereka dari masa lalu yang kelam berencana ingin membekuk keduanya. Yo Mi Ho sengaja merayakan hari kebebasannya dengan membuka butiknya. Betul saja saat pembukaan butiknya detektif Han menemukan Kim Yo Han digedung sama. Det han dan kawan-kawan mengepungnya hingga keatap gedung. Tak ada jalan keluar bagi Kim Yo Han selain menyerah atau terjatuh. Kim Yo Han memilih menusuk dirinya sendiri. Tubuhnya jatuh ke lantai dibawahnya dimana butik Yo Mi Ho berada. Tubuh Kim Yo Han jatuh tepat di kaki Yo Mi Ho.Shock dan sedih Yo Mi Ho berusaha tegar melihat kekasih hatinya sekarat. Det. Han menanyakan apakah Mi Ho mengenal Kim Yo Han, Yo Mi Ho memilih mengatakan tidak mengenal laki-laki malang itu walau hatinya pedih. Kim Yo Han merasakan hal yang sama saat meregang nyawa perasaan sedih sekaligus bahagia digambarkan dengan air mata yang menetes di matanya menatap pilu Yo Mi Ho menaiki eskalator menyongsong sinar kebebasannya walaupun bibirnya menyungggingkan senyum, karena ia terbebas dari kegelapan yang selama ini mengukungnya walaupun dengan cara kematian.

Walaupun awal-awalnya agak membingungkan dengan adegan berputar-putar antar flash back masa kecilnya Yo Mi Ho dan kim yo Han ke masa kini, namun diakhir cerita benang kusut itu mulai terurai. Akting si cantik So ye Jin dan han Seok Yu sangat total, untuk Ko soo berhasil menghayati perannya sebagai pembunuh berdarah dingin dengan sisi kejiwaannya yang gelap begitu menawan ( wah, pasukan manis Le Minh Ho, Kim Bun dan kawan-kawan liwat deh...he...he...).Film ini cukup berhasil mengadaptasi novel jepang byakuyakou kedalam visual yang indah walau sutradara nampaknya ingin memasukkan semua adegan di dalam novel ke dalam Film ini. Thriller berbumbu misteri dengan topping dark romance ala Korea yang mengharu biru made me drifting away...saat cerita diakhiri dengan bayangan Yo Mi ho dan Kim Yo Han berseragam sekolah duduk berdua sambil memandang matahari dengan latar musik Swan Lake aku teringat film Atonement versi Korea. It's unforgettable movie (catatan kategori film ini dewasa).

3 komentar:

  1. aku nggak tahu kenapa ya nggak suka film korea kalau hongkong suka sekali

    BalasHapus
  2. bisa dimengerti biasanya film Korea penuh melodrama dan airmata sedang Film Hongkong banyak actionnya.

    BalasHapus

Terima kasih buat teman-teman yang sudah berkomentar