Senin, 26 Mei 2014

TOUR THE JATIM PART 1 : TAMAN SAFARI

Minggu lalu kami menyempatkan "sedikit liburan" ke Seputar Jawa Timur. Cuma aku, Abah, dan Icha yang berangkat. Karena si Kaka sudah pernah liburan kesini tahun lalu. Ini pengalaman Icha pertama berlibur ketempat yang sedikit jauh, lintas pulau dan harus naik pesawat segala. Kelihatan dia sangat menikmati miniliburannya ini, yaiyalah rencananya sudah jauh-jauh hari :).

Kami berangkat Kamis saat tanggal merah Hari Waisak sengaja penerbangan pertama biar sampai di Surabaya pagi dan bisa langsung jalan-jalan. Sampai di Juanda, sopir mobil yang kami sewa sudah menunggu, kami langsung cabut ke Malang. Tujuan kami pertama ke Taman Safari II Prigen letaknya Prigen-Pasuruan sebelum Kota Malang, dikiri kanan jalan yang menanjak banyak orang menjajakan wortel buat memberi makan hewan nanti di taman Safari, seikatnya ada yang Rp.5000 ada Rp.10000. Hawa sejuk pegunungan mulai menyergap, pemandangan sawah yang bertingkat-tingkat dan gunung-gunung di kejauhan meyegarkan mata. Akhirnya sampai juga ke taman safari, ongkos masuknya satuorang Rp.70000 untuk tiket reguler ada juga yang terusan Rp.110.000.

Setelah mengantongi nota tiket dan guide map mulailah kita bersafari ria di Taman Safari yang letaknya di lereng Gunung Arjuna tepatnya di desa Jatiarjo Prigen Pasuruan. Zona pertama Safari Adventure, daerah konservasi seluas 340 hektar ini kita dibuat takjub dengan hewan-hewan Asia sampai afrika dari yang jinak sampai yang liar dan buas, bagi binatang karnivora akan ada papan peringatan untuk di larang membuka jendela dan menutup semua pintu mobil rapat-rapat. Tapi di tempat-tempat binatang herbivora tidak ada larangan untuk membuka jendela mobil bahkan memberi makan binatang. Icha sangat senang bisa memberi makan Ilama dan Zebra walaupun agak sedikit takut. Sedang Singa, Harimau, dan Macan tutul nampak bermalas-malasan, rupanya sebelum Taman Safri dibuka mereka sudah dikasih makan sampai kenyang jadi kelihatan tenang-tenang saja ditonton pengunjung :)
                                                             Bison sedang asyik makan

Icha kasih makan Ilama
                                                              Kuda Nil
                                                                  Singa
Setelah muter-muter di Zona Safari Adventure, kita sampai di Zona baby zoo dan Taman Rekreasi. Kita keluar dari mobil dan mulai berkeliling sambil memanjat bukit, untung saja mengenakan sepatu kets lumayan gempor menuju ketempat Baby Zoo sambil meliwati kandang-kandang binatang. Nah disini kita bisa berfoto dengan binatang dengan membeli tiket Rp.10000 sekali foto kebetulan disitu ada guide yang membawa wisatawan dari China, mungkin karena beli tiketnya kebanyakan tiket yang tersisa dibagi-bagikan cuma-cuma pada anak yang liwat termasuk Icha kebagia 6 tiket horeeeee! Agak takut-takut berani Icha berhasil berfoto dengan Singa Putih, Simpanse, dan burung kakak tua.
                                          Bersama Kevin si Bayi Singa putih :)
                                          Baby orang utan ini sadar kamera banget pinter bergaya
                                                            Bersama dua kakak tua
Ditempat baby zoo ini juga banyak tempat asyik buat acara narsis.com :) tapi ya itu siap-siap counterpain ntar malamnya maklum sudah berumur daki-daki dikit encok dan pegal-pegal melanda :).

Terakhir di Taman Safari ini juga tersedia wahana rekreasi permainan anak-anak dan pertunjukan satwa, kalau pertunjukan satwa ini gratis cuma waktunya ditentukan, tapi kalau wahana permainan kita diminta bayar lagi setiap permainan Rp.10000 atau tiket terusan semua permainan Rp.50000. Disini juga ada terdapat toko-toko cendera mata khas Taman Safari.Sepulangnya dari Taman safari kami singgah di Rumah makan Bu Sri, Ayam Kampung Bakarnya lumayan enak dan harganya juga tidak terlalu mahal, tempatnya juga bagus dekat dengan sawah dan sungai kecil cuman agak kurang kebersihannya.

Sebenarnya kami ingin ke Jatim Park 2 Selepas Zuhur namun mengingat jalan menuju Malang padat merayap hampir satu jam, kami membatalkan keinginan kami itu, karena percuma sampai ke Jatim Park 2 mungkin sudah tutup, kami memutuskan ke penginapan saja dan jalan-jalan seputar Malang malamnya. Kami menginap di Srikandi Guest House terletak di Jalan kawi tepatnya di belokan antara KFC Kawi dan BCA Kawi pas seberang SD Santa Maria. Untuk penginapan sekelas Guest House tempat ini lumayan,dengan bed dan kamar mandi air panas dan TV kabel, cuma bantalnya agak-agak apek mungkin tidak pernah dijemur, namun dari segi tempat daerah ini sangat strategis banyak orang jualan makanan, dekat kemana-mana pakai angkot atau becak, kalau kelaparan dan tidak ingin jalan jauh di sebelah ada rumah makan dan jalan dikit ada KFC :)

Hari sudah malam setelah Sholat Maghrib di Mesjid Agung Malang dan jalan-jalan di Mal Olympic kami istrihat karena jadwal jalan-jalan besok sudah menunggu sekalian meredakan kaki dan badan yang pegal sehabis muter-muter taman safari siang tadi. Acara ngebolang ini akan terus berlanjut di Tour The Jatim part 2 : Selecta, Petik Apel, dan Batu Night spektakuler, yang akan tayang sebentar lagi jangan kemana-mana terus pantengin blog ini yaa :)