Senin, 16 Mei 2011

GULALI JADUL

Icha lagi ngemut gulali

Masih ingat gulali yang dulu kita emut waktu SD, warnanya pink. Abang yang jualan biasanya bawa wajan kecil yang isinya gula yang sudah dijerang dan dikentalkan. Gulalinya dibentuk dengan tuangan kayu yang dikasih tepung terlebih dahulu biar tidak lengket. lantas dari dua tuangan kayu yang ditangkupkan dikasih sedikit lubang kecil yang dihubungkan dengan selang kecil buat si abang niup hingga gulali itu berbentuk seperti tuangannya. ada yang bentuknya burung, bunga, lolypop, hingga naga.
gulali berbentuk popsicle

Ada pula gulali yang bentuknya berserabut, abang yang jual bawa kaleng yang disekelilingnya dibikin berkantong tapi dari aluminium juga, kalo dipukul akan berbunyi, kalau si Abang keliling kampung akan terdengar melodi yang khas dari bunyi kaleng yang dipukulnya hingga kita pasti tahu Abang gulali liwat. Bentunya seperti rambut tapi agak tebalan dan kaku rasanya legit banget.

Yang terakhir ini tidak pernah kutemukan lagi. Gulali yang terbuat dari gula merah atau gula aren. ditaruh atas dua batang kayu trus ditarik-tarik, ada semacam keasyikan sendiri menari-narik gulali ini, sampai warnanya yang asalnya coklat tua jadi coklat muda lalu dibungkus di kertas didiamkan sampai mengeras rasanya jadi enak banget dan bikin ketagihan. Dulu habis disimpan dikertas aku simpan di dalam tas. Lupa makannya, bingung kenapa tas sekolahku penuh semut, ternyata eh ternyata gulali lupa dimakan.

Beberapa hari yang lalu aku jemput si kaka pulang sekolah. Girang banget ketemu Abang gulali. Belinya perlu usaha yang rada ekstra soalnya rebutan sama anak SD, ngelesnya beliin gulali buat anak padahal Mamanya yang doyan. Murah meriah seribu satu. Agak takut juga sih lihat warna gulalinya, takut pewarna berbahaya. Tapi sekali ini ngga papalah...obat kangen...he...he...pulang ke rumah bisa lagi menikmati pink gulali jadul yang aku sukai dulu. Rasanya benar-benar maniiiiis...Mau?

7 komentar:

  1. sesekali mungkin gak apa2 makan gulali ya anak2 senang pasti

    BalasHapus
  2. kok aku jadi pengen ya.....
    nyam nyam...

    BalasHapus
  3. lucu ya bentuk gulalinya...sayangnya anakku gak bisa makan gugali....Hehehe langsung batuk2..

    BalasHapus
  4. Makanan 'jadul' emang suka ngangenin mba :)

    BalasHapus
  5. wuh enak kali ya ?
    sayang saya tidak pernah tau rasanya

    BalasHapus
  6. gulali yang seperti rambut pink itu juga ngangenin. Untungnya di Jepang ada. Bahkan di Jepang ada toko khusus snack jaman dulu yang mengingatkan pada snack jaman aku SD. Kalau ke toko dagashi itu aku pasti borong deh. Cuman memang jarang ada tokonya.

    EM

    BalasHapus
  7. Mauuuuuu Mba, hehehe gw dah lama banget ga makan tu gulali :-)

    Btw jangan lupa tuh Ka Icha sikta gigi abis makan gulali

    BalasHapus

Terima kasih buat teman-teman yang sudah berkomentar