Minggu, 14 November 2010

Kawin Muda

Aku baru saja menerima undangan perkawinan dari salah seorang mantan muridku. Padahal baru tahun kemarin dia tamat SMP! Ini bukan hal aneh bagiku, bahkan kadang bukan hanya satu bisa tiga sampai empat undangan apalagi setelah acara kelulusan sekolah. Adalah hal yang wajar-wajar saja di desa tempatku mengajar seorang gadis tamat SMP menikah.Bahkan tidak sedikit yang sekolahnya putus ditengah jalan lantaran menikah! Jangan heran menurut rekan kerjaku yang orang asli tempat itu satu-satunya wanita yang sarjana ditempat tinggalnya cuma dia!

Pernah loh salah seorang muridku yang putus ditengah jalan lantaran menikah suatu waktu mengunjungi sekolah lagi, tapi dia hanya melihat liwat jendela sekolah pandangannya sungguh menyentuh hati, saat teman-temannya istirahat dengan suka cita ia menghambur kearah teman-temannya, ia bilang dia kangen teman-temannya, kangen sekolah. Miris kan? Karena kawin muda banyak terjadi perceraian. Lantaran ekonomi, perselingkuhan, ketidak cocokan, maklum saja ada yang suaminya bisa dibilang seumuran Bapaknya? Kebanyakan menikah karena paksaan orang tua dan masalah ekonomi. Bagi mereka jodoh yang datang pantang ditolak berani menolak anak bisa jadi perawan tua? Padahal ngga kayak gitu juga kali...Ada semacam kebanggaan kalo anak mereka yang masih gadis kinyis-kinyis dilamar orang, artinya anak gadisnya laku. Emang anak barang dagangan? Ada juga lantaran masalah ekonomi, walaupun sekolah gratis, uang angkot, jajan, seragam, buku, kan ngga gratis? Makan aja senin kamis, gimana mau sekolah, dah kawin aja...urusan beres! Ngga gitu juga kale!

bersyukur dilahirkan dari orang tua yang berpandangan demokratis dan moderat. Walaupun aku dan adikku dua-duanya perempuan diberi kesempatan sekolah setinggi-tingginya, dan walaupun mereka bukan orang kaya mereka bekerja keras untuk mewujudkan mimpi anak-anaknya. Bayangin aja umur 13-15 itu aku masih main bekel dan congklak sama cowok aja suka sebal, ngga kebayang deh kalo aku umur segitu kawin...he...he...

Makanya disela-sela waktu mengajarku aku suka diam-diam meracuni pikiran anak-anak itu untuk say no kawin muda. Bayangin kataku sekarang sepulang sekolah kerjaan kalian ngapain? Makan, tidur, main Bu? sahut mereka. Kalau sudah menikah boro2 main mana sempaaaaaat. sekarang dirumah tugasnya ngapain, ada yg bilang cuma nyuci, cuma nyapu, cuma masak. kalo kalian nikah semua pekerjaan itu kalian semula lakukan plus...plus...plus...plus ngurus suami, anak. Ada yang ngeles, "Kan ada pembantu, Bu."
"Iya kalo suami kamu orang kaya, tapi istrinya sudah tiga kamu yang keempat, mau?"

Namun kawin muda itu terus saja berlangsung tidak hanya wanita tapi juga pria. Kadang di dalam angkot aku ketemu seorang wanita dengan anak balita, wajah dan tubuhnya seperti wanita 30-an sepertiku, "Bu masih ingat saya...saya Nana murid Ibu. Nana...kelas IIIc...iya Bu."
"Saya tamat 2008." jika waktu itu usianya 15 tahun, sekarang usianya baru 17 tahun, tapi kok ngga beda-beda jauh dengan si Ibu disebelahnya, (siap2 ditimpuk....wakakkak....) Padahal kan cewek 17 tahun itu lagi mekar-mekarnya, cantik-cantiknya. Aku ingat Nana dulu adalah siswi tercantik di sekolah.
Trus pernah juga aku duduk disebelah Bapak-Bapak, sebentar-sebentar curi-curi pandang trus menunduk, agak malu sedikit sungkan, aku jadi gimana juga digituin sama bapak-bapak berkumis brewokan itu. Aku teliti apa ada kancing baju yang lepas atau resliting celana ngga ketutup. Tidak ada semua baik-baik saja kenapa dari tadi dia liatin aku, waktu dia mau turun, dia bilang, "Bu, saya Rosyid Bu." katanya sambil cium tangan. Rosyid....Ya Allah tolong, ternyata Rosyid muridku...dulu yang kutahu tampangnya imut-imut gitu sekarang kok Bapak-Bapak amat! Padahal rasa-rasanya baru-baru saja dia lulus.
"Aku kerja nyopir truk, udah kawin Bu anakku dua."
"Wah...bertambah lagi cucu ibu...."tukasku.
Sigh!

8 komentar:

  1. ikutan *sigh* hebat mba misfah mendidik murid2ny untuk lebih maju dan berpikiran terbuka.. mungkin orangtuanya juga perlu diarahkan untuk berpikir seperti itu ya mba.. bahwa kesejahteraan ekonomi tidak semerta2 datang dengan cara menikah, dan yg namanya anak2 perlu jadi anak2 dulu sebelum jadi dewasa :)

    BalasHapus
  2. Saya setuju, memang tidak ada salahnya memprovokasi mereka untuk tidak buru-buru kawin, toh tujuannya juga untuk kebaikan mereka. Lulus SMP, sekitar 14 tahun, anak belum siap secara psikologis untuk dihadapkan pada urusan dan persoalan rumah tangga, mereka berhak untuk tidak kehilangan masa muda, berhak untuk dapat kesempatan mengembangkan diri. Saya merasa kasihan pada mereka, setelah membaca tulisan ini..

    BalasHapus
  3. Ternyata di pedesaan masih banyak yg nikah muda ya mbak..? Kasihan sekali... mereka kehilangan masa remajanya ya.

    BalasHapus
  4. memangnya daerah mana sih? Jabar?
    hmmm kawin muda sih emang enaknya kalo punya anak masih banyak energinya dan kalau besar jalan dgn anaknya bisa disangka kakak beradik. Tapi kalo sukses ya. Bagaimana seorang anak SMP mau ngajarin anaknya di jaman spt sekarang ini? Padahal seorang ibu lah yang menentukan pendidikan anak balita, masa yang paling krusial buat mereka.

    Bagus Misfah, racuni aja mereka dgn say NO to kawin muda. Minimal lulus SMA deh.

    BalasHapus
  5. kl kawin muda kan jd kaya kaka ade mba antara anak sm ibu dan ayahnya..hihii...

    bs sj semua terjadi krn kekhilafan, sehingga diharuskan menikah muda..atau memang ada tuntutan lainnya..tp semoga dengan demikian mereka ga cepet bercerai, krn memang konsekuensinya sangat berat..seharusnya masih bersenang2, mereguk kebebasan, tp ini malah udah harus memikirkan ke hal2 yg lebih berat dibanding dengan usianya...:)

    BalasHapus
  6. Bu.. Bu.. saya masih muda masih 14 tahun lho belum boleh kawin dulu yaaa *disambit sandal* hahaha..

    BalasHapus
  7. bener Mba, gw malah kasian sama mereka2 yang kawin muda karena alasan 'kebablasan'. Jaman gw dulu gawe di kaltim, sering banget dapet undangan nikah & yang dduk di pelaminan ternyata masih pada imut2. jadi kaya lagi maen manten2nan hihihi

    Sebenernya nikah buuh banyak persiapan kan. Psikis, psikologis. ga kebayang deh kawin umur 14, lah gw merid umur 25 ajah, pas punya anak, sempet stress gimana caranya ngurus baby secara ga punya pengalaman puya adik (gw anak tunggal), dan tinggal di perantauan hanya dengan suami (ga punya ART, dulu Nyokap juga kan belom ikut sama gw)

    BalasHapus

Terima kasih buat teman-teman yang sudah berkomentar