Rabu, 25 Agustus 2010

Kenangan Masa SMP


Mengenang zaman-zamannya aku berseragam putih biru itu bikin aku senyum-senyum sendiri karena begitu banyak kenangan yang ingin kuceritakan kalo kutuliskan blog ini tidak cukup mungkin beberapa cuplikan kenangan yang kuingat.

Setamat SD aku beruntung bisa masuk ke sekolah yang favorit di kotaku SMPN 1. Maklum aku anak biasa-biasa saja agak terkejut dengan penampilan murid-murid di sekolah baruku yang rata-rata pergi ke sekolah diantar naik mobil. Maklum yang masuk di SMP 1 biasanya anak pejabat, pengusaha, atau orang kaya, hanya beberapa yang orang kebanyakan termasuk aku. Belum lagi perlengkapan sekolah mereka yang bisa dianggap wah dizaman itu, kalo semua perniknya bertema hello kitty semua Hello Kitty dari kaos kaki, tas, stationery, bando, sapu tangan. Kalo Mickey Mouse, dari ujung kepala sampai kaki Mickey Mouse. Jam tangan yang ngetop waktu itu yang merek casio warna-warni dan jam tangan berbandul seperti gembok. Belum lagi gaya bergaul dan bicara teman-temanku ala Jakarta yang "berlu-lu, gua-gua." maklum beberapa ada yang SDnya tamatan pulau Jawa bahkan Jakarta. Sedang merek sepatu yang biasanya dipakai teman-temanku kalo ngga Nike, adidas, atau Bally. Sepatu Nike pertama dan terakhirku kumiliki di kelas III, hadiah karena aku masuk 5 besar, duh bangganya punya sepatu impian itu.

Di SMP aku bukan anak gaul malah bisa dibilang geek, aku juga ngga seperti anak-anak SMP sekarang yang pintar dandan dan bebas jalan-jalan sesukanya bakalan dimarahi kedua orang tuaku, aku malah masih suka kemana-mana pergi bareng kedua orang tuaku. Dulu aku kurus, item dan keriting. Boro-boro tau body lotion, bedak, dan lipstik...apalagi salon. Di masa SMP juga aku mendapatkan haid pertamaku. Aku senang bukan kepalang, karena aku begitu menanti-nantikannya karena hampir semua teman sekelasku udah mendapatkannya bahkan ada yang sudah dapet sejak SD. Aku merasa normal juga akhirnya...he...he...sejak saat itu tinggi tubuhku melesat...tapi tidak diiringi dengan berat badanku....he...he...badanku tak pernah beranjak dari angka 40 memang sudah dari sononya ngga doyan makan. he...he..

Pulang pergi sekolah waktu itu pertama-temanya diantar orang tua, trus pernah naik sepeda, jalan kaki, dan kalo lagi banyak duit naik becak. Bayangin jarak rumahku ke sekolah sekitar 7 kilo tapi hepi-hepi aja jalan kaki, soalnya banyak teman. Kadang sepanjang jalan kita suka jajan sambil bercanda. Waktu itu aku punya beberapa teman akrab, walaupun bukan geng borju tapi aku senang sahabatan dengan mereka.

Sudah kukatakan sebelumnya aku bukan anak gaul di SMP tapi aku terkenal karena tulisanku. Sewaktu SMP dari kelas 1 sampai kelas 3 aku selalu ditunjuk Ibu Bapak guru menulis di papan tulis. Mata pelajaran yang paling kusukai waktu itu Matematika, fisika dan Bahasa Inggris dan kesenian, karena aku sangat suka menyanyi. Walaupun aku sangat suka basket tapi aku paling malas main volley walaupun tubuhku tinggi tapi kalo sudah serve tidak pernah sampai seberang dan jangan suruh aku koproll atau backroll...aku bakal nangis bombay guling-guling...pernah ujian SMP aku berlinang air mata karena harus melakukan gerakan senam lompat di meja senam koproll lalu jatuh di matras, aku harus mengulang berkali-kali karena takut dan ngga bisa-bisa, Badanku kakuuuu banget, ngga selentur Nadia Comaneci apalagi Bapak Olahraganya waktu itu terkenal galak. Aku ingat banget seragam olah raganya kaos, plus celana pendek berbiku-biku biru, kalo lupa bawa siap-siap kena sabet rotan...he..he...

Aku memang anak SMP yang manis, yang rajin ke sekolah kecuali sakit, yang ngga pernah masuk ruang guru BP, jarang kena marah Bu guru. Dan selalu berusaha mentaati peraturan sekolah satu-satunya hukuman yang pernah kujalani saat sekali waktu lupa membawa dasi saat upacara bendera, akupun ikut kena strap....malunya bukan main sejak saat itu aku selalu mempersiapkan perlengkapan sekolahku terutama saat upacara bendera agar peristiwa memalukan itu tak terulang.

Saat SMP banyak teman-temanku yang pacaran. Aku belum berani pacaran selain ngga dibolehkan orang tuaku, lagian siapa yang mau sama aku waktu SMP dulu? Kalau naksir-naksiran sih pernah, maklumlah SMP 1 gudangnya cowok-cowok ganteng, tapi sekedar melirik saja, itu juga gugupnya setengah mati. Apalagi sampai ngobrol bisa-bisa mati berdiri saking senangnya...he..he...

Setiap Agustusan SMP 1 selalu mengirimkan konpinya untuk ikutan lomba gerak jalan 8 kilo meter, pesertanya 17 orang cowok-cewek. Aku sangat terobsesi ikut ambil bagian di konpi ini tapi sepanjang aku sekolah disitu tak pernah terpilih, ada saja alasannya, aku terlalu kuruslah, tukang pingsanlah...aku ingat betul dengan sedihnya aku memandang dari jendela sekolahku Konpi kebanggaan sekolah berangkat dengan baju merah-putihnya yang gagah siap bertanding dan langganan juara 1. Ah, andai saja aku terpilih...

Mengenang jaman SMP memang tiada habisnya, aku sangat bangga bisa menjadi salah seorang murid dari sekolah SMP yang sekarang berstandar internasional itu. Beberapa teman-temanku dulu bertemu lagi walaupun hanya di facebook.Banyak diantaranya sudah menjadi orang bahkan ada yang jadi pejabat. Menutup postingan ini aku ingin mengucapkan rasa terima kasihku dan hormatku pada seluruh guru-guru yang pernah mendidik dan mengajarku di SMP atas jasa-jasa beliau aku bisa seperti ini sekarang ini.

19 komentar:

  1. Terima kasih atas pertisipasinya..mbak sudah masuk dalam daftar list PENDUKUNG GERAKAN SEO POSITIF..

    Setiap kebaikan akan berbuah kebaikan..mari berbuat baik demi bangsa...jadikan kita sebagai blogger yang ikhlas membantu mencerdaskan bangsa...buat senyum para pahlawan yang telah bertumpah darah dengan terus berbagi kebaikan...

    SALAM HANGAT..MANAJEMEN EMOSI

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, ikut dukung juga gerakan SEO positifnya Manajemen Emosi ya..?
    Semoga saja blogger lain juga tergerak utk ikutan mendukung ya mbak.

    BTW, masa2 SMP ternyata sulit tuk dilupakan ya..? Banyak kisah seru rupanya.

    BalasHapus
  3. kalo mba ngga pernah gerak jalan, aku ngga' pernah ikutan kemah, hal yang masih kuinginkan sejak dulu sampai sekarang, KEmah, aku pengen kemah, aku dulu juga anak teladan ihgihhi, selalu juara, tapi ga sekolah lagi hikz.. sedinyaaaaaaaaaaaaa

    BalasHapus
  4. Semoga sukses kontes SEO-nya. Memang memprihatinkan kondisi key word SMP ini.

    BalasHapus
  5. keren sob.. mari tetap semangat untuk membersihkan konten negatif di search engine

    BalasHapus
  6. alhamdulillah
    dukungan dan partisipasi yang sangat berarti bagi anak smp
    semoga kita semua mendapat berkah dan rahmah dari ALLAH SWT

    BalasHapus
  7. Ayo tunjukkan rasa Nasionalisme dalam NASIONALISME BLOGGER CINTA INDONESIA...ikut ya mbak...ditunggu lho artikelnya he he he

    BalasHapus
  8. @all, yuk kita berangus kontent yg tidak mendidik dengan mengatas namakan SMP teman-teman! Semangat untuk selalu Amar Ma'ruf Nahi Mungkar.
    @Nyunnyun, aku juga ngga pernah ikutan kemping sampai SMU juga ngga dibolehin, sedih banget. Tapi pas kuliah aku dapat lampu hijau..senangnya bisa kemping di hutan, naik gunung, bareng teman-teman.

    BalasHapus
  9. datang mengunjungi saudara perguruan di dunia persilatan.... hehehehe

    BalasHapus
  10. klo esempe ga gaul, ntu mending mbak, tpi klo uda kerja juga ga gaul, itu yang susahhhhhhh

    BalasHapus
  11. @Willyo...ciaaatttt...he..he...
    @Nyun-nyun malem juga Nyun

    BalasHapus
  12. malem lagi mba, mba kok enggak nulis sih, owh ya, kalo bisa ijinin siapapun dunk mba buat bisa komentar, terus jangan pake kode verifikasi hehe, biar ga susah yang mau komentar gitu, maaf ya :)

    BalasHapus
  13. malem lagi nyun-nyun...he..he...aku pengen nulis Nyun tapi waktunya kebentur persiapan lebaran dan mudik...he...he...jadi pake kode verifikasi Mas Blogger yg bilangin biar ngga ada yg nyepam gitu, maaf ya Nyun atas ketidak nyamanan ini.

    BalasHapus
  14. aduh, aku komen sini ja ya...
    makasi kemaren dah mampir ke blog jelek ku..
    salam kenal ya mbak..
    keep blogging..
    ^^

    BalasHapus
  15. Buseeeet,,,jalan kaki 7 kilo mbak????bisa kurus aku kalo tiap hari jalan kaki...hehehe
    Kalo aku dapet haid pertama pas kelas 5 SD mbak...hehehe gak penting ya...

    Mohon maaf lahir dan bathin ya mbak...

    BalasHapus
  16. Selamat malam... mampir lagi mbak.
    Selamat menyambut datangnya Idul Fitri ya....

    BalasHapus
  17. semangat ya mba...hehehe..bwt gerakan seo positifnya...
    masa2 itu memang bener2 berkesan ya mba...:)

    BalasHapus

Terima kasih buat teman-teman yang sudah berkomentar