Kamis, 12 Agustus 2010

Hamil dan Menyusui saat Puasa


Dua kali hamil, dua kali aku merasakan di bulan puasa. Waktu Hamil Rizky aku puasa pas kandunganku mencapai 9 bulan dan benar saja 3 hari sebelum hari raya aku melahirkan. Walaupun hamil gede aku tetap puasa. Alhamdulilah lancar-lancar saja, padahal aku mengandung anak pertama dan aku belum punya pengalaman apa-apa. Banyak teman yang menyarankan aku tidak puasa nanti diganti setelah melahirkan. Tetap saja ngga enak rasanya ngga berpuasa di bulan puasa, lagian aku baik-baik saja dan kandunganku di USG juga baik-baik saja. Melahirkannya pun tepat waktu dan berlangsung normal. Anak kedua saat usia kandunganku 4 bulan bertepatan dengan bulan puasa lagi. walau awalnya agak ragu, apalagi ada yang nakutin kalo usia kandungan 4 bulan itu masa pembentukan bayi. Tapi setelah diskusi dengan suami aku maju terus pantang mundur dan memutuskan untuk PUASA! Lillahita'ala aja semua kuserahkan dan kuikhlaskan pada Allah ta'ala toh kalo mau kenapa-kenapa, ngga puasapun bisa saja terjadi. Ternyata puasa dan hamilku berjalan mulus-mulus saja tanpa gangguan, anakku Ichapun lahir dan tumbuh jadi gadis kecil yang cantik dan pintar. Tahun-tahun berikutnya aku masih menyusui disaat bulan puasa. Walaupun Rizky sempat diare tapi itu bukan lantaran aku puasa. Walaupun ASI selama puasa tidak terlalu banyak aku yakin ASInya penuh berkah karena ASInya diberikan oleh ibu yang puasa...he..he...
Bagi ibu-ibu yang lagi hamil dan menyusui boleh-boleh aja kok puasa malah dianjurkan kata nenekku loh, sekalian hamil kita berdo'a semoga dikarunia anak yang sholeh dan sholeha bukankah do'a orang berpuasa dikabulkan Allah. Tapi kalo memang ada gangguan kehamilan dan memang ngga bisa puasa (hamil muda yang lemes dan sering muntah sebaiknya ngga deh), atau kalo yang lagi menyusui anaknya sampai sakit lantaran ibunya berpuasa sebaiknya dibatalin aja dulu.
Berikut tips ibu hamil dan menyusui yang ingin berpuasa :
1. Konsultasikan dokter, suami, dan keluarga apakah puasa atau tidak.
2. Makan lebih banyak disaat buka puasa dan sahur, sebelum tidur di malam hari bisa makan lagi atau makan-makanan ringan yang lumayan mengenyangkan seperti roti, salad, atau buah-buahan.
3. Jangan lupa minum vitamin Ibu hamil
4. Minum susu sebelum tidur dan pas sahur.
5. Banyak minum disaat berbuka sampai sahur.
6. Olah raga kecil bagi ibu yang hamil gede selepas subuh, jalan sekeliling komplek contohnya.
7. Jangan terlalu capek, kalo capek istirahat.
8. Perbanyak do'a dan ibadah semoga puasa dan kehamilannya lancar.
9. Yang menyusui kalo ngga ASI eksklusif bisa diselingi dengan susu botol.
10. Jangan terlalu banyak pikiran dan stress, nikmatilah puasa dan kehamilannya.
Selamat berpuasa disaat hamil dan menyusui yaa...semoga anak yang dikandung menjadi anak yang sholeh dan sholeha cahaya mata dan kebanggaan kedua orang tuanya.

6 komentar:

  1. Wah, ini tips yg semoga tidak dilewatkan oleh ibu2 hamil dan menyusui...

    BalasHapus
  2. wah..puasa emang membawa berkah ya mba..:), nyatanya mba bs tetep berpuasa meski sedang hamil dan menyusui..itu karunia yg amat indah..:)

    BalasHapus
  3. Nice sharing.
    Beruntung bnget bsa hamil di bulan Ramadhan. Pasti ada hikmah di balik itu semua.
    Tipsnya ok, bnget, ntar aq bsa sharing ke ibunya anak-anak.
    Met berpuasa, Salam sobat :)

    BalasHapus
  4. @Reni, moga bermanfaat
    Windflower@ Alhamdulilah
    @Gaelbi, sama-sama Bung Gaelby

    BalasHapus
  5. Wah... Mbak semangat sekali!
    Sukses ya.. :)

    BalasHapus
  6. ma kasih Gek, moga kehamilan dan lahirannya lancar yaa

    BalasHapus

Terima kasih buat teman-teman yang sudah berkomentar